Upaya Pencegahan Terjadinya 3 Dosa Besar dalam Pendidikan di SD 4 Tenggeles

Febrisa Rifda Izharifa
Haidir Yusuf Alhamdani
Umy Sandow
Desma Asharina Ristati
Fajar Kawuryan

Abstract


Tiga dosa besar dalam pendidikan perlu dihindari untuk menciptakan lingkungan sekolah yang amandan nyaman untuk belajar. Tiga dosa besar yang perlu dihindari ialah perundungan, intoleransi dan kekerasan seksual. Adapun salah satu upaya untuk pencegahan terjadinya tiga dosa besar dalam pendidikan ini ialah dengan mengadakan sosialisasi. Tujuan dari pengabdian ini ialah memberikan pemahaman kepada peserta didik kelas V SD 4 Tenggeles dengan cara memberikan sosialisasi dengan metode ceramah dan tanya jawab terkait tiga dosa besar dalam pendidikan, beberapa contohnya, dampaknya, dan cara menghindari tiga dosa besar dalam pendidikan tersebut. Dalam sosialisasi tersebut, mahasiswa menggunakan media berupa power point. Hasil dari sosialisasi ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman peserta didik terkait tiga dosa besar dalam Pendidikan dapat terlihat dalam hasil pretest dan posttest. Berdasarkan data yang telah didapatkan, hasil pretest mendapatkan rata-rata nilai sebesar 5,8 dan rata-rata nilai posttest sebesar 8,45. Hal ini dapat dikatakan bahwa hasil uji pemahaman siswa naik sebesar 45,68 %.

Keywords


tiga dosa besar pendidikan; perundungan; intoleransi; kekerasan seksual

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, Kaskodjo. (2020). Sosialisasi Perubahan Perilaku Masyarakat Pada Era Pandemi Covid-19 Di Desa Jatisari. Majalah Ilmiah Pelita Ilmu, 3(1), 43-59.

Annisa, W. (2021). Penerapan bimbingan klasikal dengan pendekatan Neuro Linguistik Programming dalam pembinaan akhlak terpuji pada peserta didik di Sekolah Dasar Negeri 3 Karang Anyar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: JurnalPendidikan Dasar, 1(1), 39-48.

Ilham, D. (2019). Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional. Didaktika:Jurnal Kependidikan, 8(3), 109-122.

Jannah, A., Rondli, W. S., & K, M. S. (2023). Bentuk Adaptasi yang Dimunculkan Guru Seolah Dasar dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(5), 2841–2850. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6010

Kamaluddin, K., Sari, I., & Anggraini, M. (2021). Intoleransi Menurut Tokoh Agama Islamdan Kristen. Studia Sosia Religia, 4(1).

Khoirunnisa, M., Dayat, U., & Febriantin, K. (2022). Dampak dan Penanganan Tindak Kekerasan Seksual pada Ranah Personal. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1517-1522.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan diIndonesia dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.

Ningtyas, P. V & Sumarsono, R. B. (2023). Upaya Mencegah Bullying Anak Usia Sekolah Dasar melalui Sosialisasi. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 104-108

Pasaribu, V. L. D., Agrasadya, Nina Shabrina, & Krisnaldy. (2020). Penyuluhan Anti Bullying dan Menerapkan Sikap Saling Menghargai antar Sesama. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Valuesand Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Santoso, D. A. (2023). Analysis of Critical Thinking and Self-regulation in Blended Method, Module-aided, Problem-Based Learning. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145–152. https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.65540

Sartika, R.S, Fhabella, A., Melawati, M., & Fajaroh, N. F. (2022). Sosialisasi Pencegahan Pelecehan Seksual pada Remaja di Desa Cibodas, Kabupaten Serang. Jurnal Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(2), 66-69

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila dalam Pembelajaran melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Ummah, A. K., Hilyana, F. S., & Santoso, D. A. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SD KELAS V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3292–3302.

Utaminingsih, S., Putri, J., Rondli, W. S., Fathurohman, I., & Hariyadi, A. (2023). Project P5: How is assistance in implementing the independent curriculum in elementary schools? Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.61650/jip-dimas.v1i2.229




DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v1i1.11831

Article Metrics

Abstract views : 1965| PDF views : 666

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: