Pelatihan Pengembangan Multimedia Interaktif (Android Application) Berbasis Powerpoint untuk Pembelajaran di MI Negeri Kudus Prambatan Kidul

Mohamad Sobirin
Vannesa Anggun Dewanthi
Dwi Aprilia Indriani
Retno Tri Handayani

Abstract


Pendidikan penting dalam membentuk pola pikir dan perilaku manusia. Kualitas pendidikan di Indonesia, terutama di tingkat dasar, memengaruhi perkembangan negara dan fokus pada pembentukan karakter siswa. Media pembelajaran interaktif berbasis Aplikasi Android Powerpoint dapat meningkatkan motivasi siswa. Pelatihan ini dilaksanakan di MI Negeri Kudus sebagai salah satu program kerja KKN Universitas Muria Kudus dalam mengembangkan pembelajaran yang interaktif untuk menarik perhatian peserta didik dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Pelatihan ini bertujuan untuk menginspirasi guru dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Metode pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasilnya adalah pengembangan media aplikasi interaktif yang berhasil, mendukung pembelajaran daring dan penggunaan teknologi oleh guru.

Keywords


Pembelajaran; Multimedia Interaktif; Powerpoint; Sekolah Dasar; Aplikasi Android; KKN

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging faculty needs for enhancing student engagement on a virtual platform. MedEdPublish, 9, 75.

Aeni, W. A., & Yusupa, A. (2018). Model media pembelajaran e-komik untuk SMA. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 43-59.

Akbar, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Materi Macam-Macam Sujud Dengan Memaksimalkan Power Point Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Enrekang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Anggun, D. P., Alberida, H., & Ardi. (2018). Pengaruh Penggunaan Papan Buletin dalam Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match ( ICM ) terhadap Kompetensi Kognitif Siswa SMA. JEMST, 1(2), 34– 39.

Anomeisa, A. B., & Ernaningsih, D. (2020). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan PowerPoint VBA pada Penyajian Data Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/10635.

Anufia, B., & Alhamid, T. (2019). Instrumen pengumpulan data.

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan teknik sampling berdasarkan perhitungan efisiensi relatif. Jurnal Statistika Universitas Muhammadiyah Semarang, 6(2).

Arifin, M. Z., & Setiawan, A. (2020). Strategi belajar dan mengajar guru pada abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2).

Artha, I. M. A. W., & Putra, D. B. K. N. S. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Dengan Model Analysis Design Development Imlementation Evaluation Pada Muatan IPA Kelas IV SD Negeri 2 Pejeng Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 149–157. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32974

Atiah, N. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Masyarakat 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Ayu, M., Sari, F. M., & Muhaqiqin, M. (2021). Pelatihan Guru Dalam Penggunaan Website Grammar Sebagai Media Pembelajaran Selama Pandemi. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–55.

Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.

Farida, A., Rois, S., & Ahmad, E. S. (2023). Sekolah yang Menyenangkan: metode kreatif mengajar dan pengembangan karakter siswa. Nuansa Cendekia.

Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Masykur, R., Aulia, L.R., & Sugiharta, I. (2018). Microsoft Powerpoint pada Aplikasi Android dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis, Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 6(2), 265-273.

Meretha, D. E., Yustina Hapida, & Muhammad Anas Widhya. (2020). Modul Pengayaan untuk Kelas SMA/MA Kelas X Semester II: Pencemaran Lingkungan akibat Eksploitasi Batubara di Kecamatan Sungai Lilin (Vol. 1). NoerFikri.

Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan.

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747

Mustadi, A. (2020). Landasan pendidikan sekolah dasar (Vol. 174). UNY Press.

Mutmainnah. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 5(2): 123–30.

Nata, I. K. W., & Putra, D. K. N. S. (2021). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 227-237.

Pujiani, T., Nisa, K., & Soali, M. (2020). Pelatihan TOEFL online melalui media youtube untuk santri pondok pesantren darussalam purwokerto. Al-Mu’awanah: Jurnal Pengabdian kepada Masyakarat, 1(2), 16- 22.

Puspitarini, Dwi, Y., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2): 53–60.

Rahmawati, P., Aini, K., Riswanda, J., & Aisyah, N. F. (2019). Review : BERPIKIR KRITIS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. 2019, 39–43.

Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(02), 425-436.

Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). Addie, sebuah model untuk pengembangan multimedia learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 51-59.

Sappaile, B. I., Palalas, E., Huzaefah, O., & Simalungun, U. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Bantuan Aplikasi Geogebra untuk Siswa Kelas VIII SMP. 7, 9872– 9878.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. 2(1), 43– 48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262.

Suryani, N., Setiawan A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trisiana, A., Sutikno, A., & Wicaksono, A. G. (2020). Media Digital Kartun Nilai Keslametriyadian (H. Wijayati (ed.)). UNISRI Press.

Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019). Pengembangan media pembelajaran monopoli pada materi sistem pencernaan di SMP. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 5(1), 10-22.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.




DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v1i1.11922

Article Metrics

Abstract views : 48| PDF views : 41

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: