Peningkatan UMKM Desa Lau Dengan Menerapkan Digital Marketing dan Strategi Marketing

Nurul Riska Arumsari
Yuda Prianata
Monicha Amalia Pujiati
Risna Ela Gustianingrum Putri
Eka Nurul Qoiriyah

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Lau menghadapi berbagai tantangan dalam memasarkan produk-produk unggulan mereka. Kurangnya pemahaman tentang pemasaran digital dan strategi pemasaran modern telah menghambat pertumbuhan bisnis UMKM Jenna Laundry, Donat Pondok, Serizh Cookies dan Warung Makan Bapak Johar Manik. Metode pengabdian ini yaitu melakukan survey lokasi dan permasalahan marketing yang terjadi. Setelah itu, peserta UMKM Desa Lau diajarkan tentang penggunaan media sosial dan pembuatan konten. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan pemilik UMKM Desa Lau dalam menerapkan pemasaran digital. Mereka berhasil mengintegrasikan media sosial dan teknik pemasaran online lainnya dalam bisnis mereka, yang mengakibatkan peningkatan visibilitas di pasar lokal dan nasional. Selain itu, ada peningkatan yang nyata dalam jumlah pelanggan dan pendapatan mereka. Pengabdian masyarakat ini memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Desa Lau dengan memperkuat sektor UMKM. Ini juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dengan memberikan peluang bagi pemilik UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka.

Keywords


UMKM; Digital Marketing; Strategi Marketing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88-92.

Dewi, J., Rondli, W. S., & Fajrie, N. (2023). Nilai-Nilai Persatuan Yang Terkandung Dalam Film Animasi Adit Dan Sopo Jarwo Episode Upacara Kemerdekaan Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10391–10400. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.6121

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi digital marketing terhadap peningkatan penjualan hasil home industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9-14.

Handayani, R., Rondli, W. S., & Azman, M. N. A. (2023). Visual Process of Nature View from Image Expression of Children in Wotan Village. ARTiES: International Journal of Arts and Technology in Elementary School, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.24176/arties.v1i1.11488

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77-85.

Hasanah, U., & Rondli, W. S. (2023). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi dalam Kurikulum Merdeka. ILUMINASI: Journal of Research in Education, 1(2), 113–124. https://doi.org/10.54168/iluminasi.v1i2.208

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Rapitasari, D. (2016). Digital marketing berbasis aplikasi sebagai strategi meningkatkan kepuasan pelanggan. Cakrawala, 10(2), 107-112.

Santoso, D. A. (2023). Analysis of Critical Thinking and Self-regulation in Blended Method, Module-aided, Problem-Based Learning. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145–152. https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.65540

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41-47.

Susanti, E., Dwi Ardianti, S., & Agung Santoso, D. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2416–2425. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.987

Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM melalui digital marketing untuk membantu pemasaran produk pada masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6-13.




DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v1i1.11923

Article Metrics

Abstract views : 44| PDF views : 34

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: