Penggunaan Media Papan Pintar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN Klakahkasihan 01

Dwi Inayatul Maula
Nanda Nailatul Muna
Hidayatun Nisak
Dennyca Hendriyanto

Abstract


Rendahnya kemampuan matematika siswa pada operasi hitung perkalian karena kurangnya minat belajar siswa terutama pada pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, diperlukan adanya media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman perkalian siswa dengan menggunakan media papan pintar perkalian. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil postest diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media papan pintar perkalian lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan media papan pintar perkalian. Dapat disimpulkan bahwa papan pintar perkalian dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa.

Keywords


Media pembelajaran Papan Pintar; Perkalian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alisnaini, A. F., Pribadi, C. A., Khoironi, D. R., Ibrohim, M., Azilla, M. D., & Hikmah, N. (2023). Kesulitan Belajar Siswa dan Penanganannya pada Pembelajaran Matematika SD. Alsys, 3(1), 10–20. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.743

Apriliyana, D. A., Masfu, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. 6, 4166–4173.

Damayanti, A., Ismaya, E. A., & Rondli, W. S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 2 PELEMKEREP PADA MUATAN PPKN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 518–527. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1632

Daryanto, D., Purnomo, M. E., & Adib, H. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar PAI MateriQs. Al-Fil Kelas IV SDN 17 Muara Sugihan Berbasis Multimedia. Muaddib: Islamic Education Journal, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.19109/muaddib.v3i1.6294

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21,999–1015.

Hernawati, D., Nurhasanah, N. Y., & Wahjuningsih, S. (2022). Pengaruh Modul Digital Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA pada Subkonsep Protista Mirip Hewan. Jurnal Life Science: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 13–19. https://doi.org/10.31980/jls.v4i1.1657

Inayahtur Rahma. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 89. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/ pwahana/article/view/3608/2659

Manurung, S., Sijabat, A., Kusrini Sitinjak, E., Andreas Silitonga, T. H., Kunci, K., Eksperimen, M., & Belajar, K. (2021). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri 030288 Sidikalang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS), 1(1), 2021.

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jpgsd, 8(5), 893–903.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Niswah, N., Nugroho, V. A., & Fauziah, S. (2022). Upaya peningkatan kemampuan numerasimelalui video animasi dengan karakter loomie pada peserta didik kelas iv sdn 3 karangrandu. November, 151–165.

Rahman, A. K., Pratiwi, I. A., & Rondli, W. S.. (2023). ANALISIS KEDISIPLINAN PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 BULUNGCANGKRING. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 739–746. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1998

Sumiati, A., & Agustini, Y. (2020). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Segi Empat dan Segitiga Siswa SMP Kelas VIII di Cianjur. Jurnal Cendekia, 04(01), 321–330.

Sundari, F. S., & Indrayani, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Application of Guided Inquiry Learning Models To Improve Mathematical Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 02(02), 72–75. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/view/1449/1205

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan,2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Ummah, A. K., Hilyana, F. S., & Santoso, D. A. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SD KELAS V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 3292–3302.

Wiryanto, W. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.81




DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v1i1.11925

Article Metrics

Abstract views : 210| PDF views : 488

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: