Smart Pop-Up Book Berbasis Gusjigang Sebagai Edukasi Seksualitas Siswa Tunagrahita SLBN Kaliwungu Kudus

Rina Kartika Sari
M. Afdholil Kholiqoh Insani
Marita Puji Indrawati
Bashroh Nafidzah
Firdaus Noorhadi Rahman
Siti Masfuah

Abstract


Penyampaian materi yang dilakukan guru SLB N Kaliwungu Kudus masih menggunakan metode mengajar berdasarkan buku dan belum menggunakan metode pembelajaran dengan praktik nyata. Padahal siswa tunagrahita SMA C lebih tertarik menggunakan aspek visual seperti video. Tujuan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi seksualitas menggunakan media pembelajaran Smart Pop Up Book berbasis Gusjigang. Media pembelajaran Pop Up Book merupakan media interaktif tiga dimensi atau timbul yang dapat menstimulasi imajinasi anak, menambah pengetahuan, serta meningkatkan pemahaman anak. Metode pelaksanaan meliputi pre-preparation, preparation, execution, evaluation, monitoring, peran dan kontribusi mitra, dan sustainable program. Hasil dari pengabdian ini adalah guru dapat membuat dan mengembangkan media pembelajaran berupa Smart Pop Up Book berbasis Gusjigang.


Keywords


Tunagrahita; Pop Up Book; Pendidikan Seksualitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238

Awalia, H. R. (2016). Studi Deskriptif Kemampuan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–16.

Fajrie, N., & Masfuah, S. (2018). Model Media Pembelajaran Sains untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Bagimu Negeri, 2(1), 9–19. https://doi.org/10.26638/jbn.537.8651

Fajrie, N., Kartika, D. D., Utaminingsih, S., & Santoso, D. A. (2024). Natural Material-Based Art Learning Model Increases Aesthetic Experiences in Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 12(1). https://doi.org/doi.org/10.23887/paud.v12i1.74612

Hana, Y., Rondli, W. S., & Fajrie, N. (2024). Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Anpowseco Dalam Meningkatkan Kemampuan Self Confidience Siswa Kelas II SDN 3 Geneng Kabupaten Jepara. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5651–5652. https://doi.org/doi.org/10.23969/jp.v9i1.12599

Lestari, I. (2015). Kearifan Lokal Gusjigang Sebagai Alternatif Dalam Menumbuhkan Karakter Bangsa. 139–146.

Muslimin., Tuken, Ritha., Imanuella, Y. (2023). No Title. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 74–87.

Nashoih, A. K., Fadhli, K., Taqiyuddin, A., Khorib, A., Sholikhah, I. N., & Putriningtyas, C. (2022). Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Kartu BiZi Bagi Guru Bahasa Arab Di Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 18–25. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v3i1.2285

Prasetyani, K., Ati, L. L., Rondli, W. S., Kanzunnudin, M., Mutadin, A., Sutanto, W. S. R., Kanzunnudin, M., Murtianingrum, P. R., Rinawati, W. S. R., Kanzunnudin, M., & others. (2024). Analisis Kualitas Soal Ujian Akhir Semester Literasi dan Numerasi Kelas 6 Berdasarkan Teori Tes Klasik. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–9. https://doi.org/doi.org/10.5281/zenodo.12733080

Rohmah, T. N., Ermawati, D., & Santoso, D. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas II SD Melalui Metode Jarimatika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1101–1111. https://doi.org/doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3126

Silvia, I., Aini, A. N., Rosyada, A. A., Samodra, T., & Masfuah, S. (2022). Validitas Pop Up Craft Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengenalkan Huruf Angka Siswa Tunagrahita. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 130–134. https://doi.org/10.24176/wasis.v3i2.9093

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Sulistiani, H., Dwi Putra, A., Rahmanto, Y., & Bagus Fahrizqi, E. (2021). Pendampingan dan Pelatihan pengembangan Media pembelajaran Interaktif Dan Video Editing Di SMKN 7 Bandar Lampung. Journal of Technology and Social for Community Service (JTSCS), 2(2), 160–166. https://lampung.rilis.id/tim-pkm-uti-universitas-terbaik-di-lampung-sampaikan-4-materi-untuk-guru-smkn-

Tarigan, E. (2019). Efektivitas metode pembelajaran pada Anak Tunagrahita di SLB Siborong-Borong. Pionir LPPM Universitas Asahan, 5(3), 56–63. http://jurnal.una.ac.id/index.php/pionir/article/view/731

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44




DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v1i2.13181

Article Metrics

Abstract views : 37| PDF views : 13

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: