Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal IEEE Menggunakan LaTeX untuk Meningkatkan Keterampilan Publikasi Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Informatika Universitas IVET

Basworo Ardi Pramono, Dewi Nurdiyah, Atmoko Nugroho, Susanto Susanto

Sari


Publikasi ilmiah merupakan indikator utama kontribusi akademik di perguruan tinggi, namun mahasiswa sering menghadapi kendala dalam menulis artikel ilmiah yang sesuai dengan standar jurnal internasional, seperti IEEE. Tantangan ini meliputi kurangnya pemahaman terhadap LaTeX sebagai perangkat lunak typesetting dan standar penulisan IEEE yang spesifik. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan pelatihan bertajuk “Pelatihan Penulisan Jurnal IEEE Menggunakan LaTeX untuk Meningkatkan Keterampilan Publikasi Ilmiah Mahasiswa.” Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa Prodi Pendidikan Informatika Universitas IVET dalam menyusun artikel ilmiah menggunakan LaTeX sesuai standar IEEE. Pelatihan dilaksanakan pada 6 Desember 2024 di laboratorium komputer M.1.2 FTIK USM, melibatkan 17 mahasiswa. Metode pelatihan mencakup sesi teori, praktikum, serta evaluasi menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta, yang tercermin dari skor post-test yang lebih tinggi dibandingkan pre-test. Peserta mampu memahami penggunaan LaTeX, pengelolaan referensi menggunakan BibTeX, dan penerapan template IEEE untuk menyusun artikel ilmiah. Program ini berhasil meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam penulisan ilmiah dan diharapkan dapat berkontribusi pada penguatan kualitas akademik individu maupun institusi melalui publikasi di jurnal bereputasi.


Kata Kunci


LaTeX; IEEE; Publikasi Ilmiah; Pelatihan Mahasiswa



DOI: https://doi.org/10.24176/jmpm.v2i2.14578

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats

Indexed by:

 

Flag Counter

Jurnal Muria Pengabdian Masyarakat (JMPM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Creative Commons License

Dedicated to: