Penggunaan Media Poop Up Book Keramat terhadap Perbedaan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Sari
Peningkatan keterampilan kognitif siswa dalam pembelajaran masih menjadi tantangan utama dalam pendidikan dasar. Media pop up book Keramat sebagai solusi inovatif untuk mengatasi metode pembelajaran konvensional yang kurang efektif dalam meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pop up book Keramat terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas IV di SDN Kedung. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan model one group pre-test post-test design. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa kelas IV, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test serta dianalisis menggunakan uji N-gain untuk mengukur peningkatan kemampuan kognitif siswa setelah penerapan media pembelajaran. Hasil penelitian menggunakan uji N-gain menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan kognitif siswa. Indikator kognitif seperti mengingat (0,73), menerapkan (0,82), dan menganalisis (0,82) mengalami peningkatan yang signifikan. Meskipun peningkatan indikator memahami (0,29), mengevaluasi (0,12), dan menciptakan (0,17) menunjukkan variasi, keseluruhan hasil menunjukkan bahwa media pop-up book Keramat efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pop-up book Keramat dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memperbaiki pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran, sehingga memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan kognitif siswa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afifa, I. N., & Hanif, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Ipas Siswa Kelas Iv Sdn 04 Madiun LOR. Journal of Scientech Research and Development. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.173
Akhidah, D. N., Zuliana, E., & Ermawati, D. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga Dengan Model Realistic Mathematics Education Pada Pemahaman Konsep Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.3526
Aminah, S., Taqiyyah, F., Nakhlah, R. M., Puryati, L. K., & Ermawati, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5831
Arip, M., & Aswat, H. (2021). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.329
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir kritis dan hasil belajar IPA melalui pembelajaran problem based learning berbantuan media visual. Mimbar PGSD Undiksha.
Ermawati, D., Riswari, L. A., & Wijayanti, E. (2022). Pendampingan Pembuatan Aplikasi Mat Joyo (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal SOLMA, 11(3), 510–514. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9892
Fadliyana, A., Ardianti, S. D., & Santoso, D. A. (2023). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika The Influence Of Interest In Learning On The Learning Outcomes Of Grade Iv Students In The Eyes Maths Lessons. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(2), 120-126.
Fahruddin, M., & Widiyono, A. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Miniatur Kincir Air Pembangkit Listrik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.422
Failani, A., Fajrie, N., & Kurniati, D. (2023). Pembelajaran Berbantuan Project Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA. 17(2), 205–212. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i2.18533
Fauzi, M. R., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Barung (Bangun Ruang) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1538
Febriani, S. A., Dwiyanti, L., & Yulianto, D. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran. https://doi.org/10.29407/pn.v8i2.16387
Mangesa, R. T., Lamada, M. S., & Mardiana. (2021). Peran Aktivitas Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi Dan Kejuruan.
Maryani, D. (2022). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600
Mukaromah, R., Chamdani, M., & Wahyudi, W. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pembelajaran IPAS Materi Kerajaan-kerajaan di Nusantara pada Siswa Kelas IV SDN 1 Adiarsa Tahun Ajaran 2022/2023. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan. https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.74631
Pratiwi, I. A., Afisa, Z. R., & Fajrie, N. (2023). Analisis Kebutuhan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Kota Pati untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5573
Rohmawati, M., Febrianti, A. P., Rahmadani, S. A., Husna, D. A., Nabila, N. K., Cahyani, L. D., ... & Santoso, D. A. (2024). The Effect of Picture Media in Writing Descriptive Text Writing Skills In Grade 4 Students at SD Negeri 5 Bulungcangkring. Jurnal Disastri, 6(3), 209-218.
Salma, R., Fajrie, N., & Khamdun, K. (2022). Kemampuan Kognitif dalam Karya Gambar Tema Budaya Lokal Kudus pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3234
Sari, W. S. K., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2024). Kreativitas Karya Dekoratif Siswa dalam Pembelajaran Project Based Learning pada Kelas IV SD 5 Gondangmanis Kabupaten Kudus. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 1(5), 18–24. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.4787
Sentarik, K., & Kusmariyatni, N. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25135
Setyaningrum, Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memahami Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Sidomulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 2548–6950.
Setyawan, N. R., Wanabuliandari, S., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD dengan Menggunakan Model PBL Berbantu Media Papan Madu. FONDATIA. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3177
Sofiana, R. A., Fajrie, N., & Hilyana, F. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5969.
DOI: https://doi.org/10.24176/re.v15i2.13420
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Visitors: