Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan media pembelajaran, seperti visual, audio, dan audiovisual, terhadap hasil akademik siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas masing-masing jenis media dalam meningkatkan pemahaman siswa serta menentukan media yang paling optimal dalam proses pembelajaran di tingkat dasar.
Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen. Seluruh siswa kelas IV menjadi populasi penelitian, dengan pengambilan sampel secara acak menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencakup tes untuk mengukur pemahaman siswa dan kuesioner untuk menilai efektivitas penggunaan media pembelajaran.
Penelitian ini menemukan bahwa penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh signifikan terhadap pencapaian akademik siswa. Siswa yang menggunakan media interaktif, khususnya audiovisual, memperoleh hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang menggunakan metode pembelajaran tradisional, serta media visual dan audio. Temuan ini menunjukkan pentingnya pemilihan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Annisa, O., Auliya, F., Fitriasari, E., Nurunnisa, M., Marini, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, I. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. In JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 2, Issue 8). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Dewi, P. M., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Media Audio Visual Berbasis Google Meet terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3697–3704. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1374
Fadliyana, A., Ardianti, S. D., & Santoso, D. A. (2023). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika The Influence Of Interest In Learning On The Learning Outcomes Of Grade Iv Students In The Eyes Maths Lessons. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(2), 120-126.
Fajrie, N., Kartika, D. D., Utaminingsih, S., & Santoso, D. A. (2024). Natural material-based art learning model increases aesthetic experiences in early childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 12(1), 109-119.
Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Audio Visual (Video) Animasi Berbasis Doratoon Materi Hak dan Kewajiban Penggunaan Sumber Energi Mata Pelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505–6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257
Fitria, A. (n.d.). Ayu Fitria : Penggunaan Media Audio Visual PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI.
Rasyid Julianto, I. (2023). PERAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. In Maret (Vol. 8, Issue 2). http://bastra.uho.ac.id/index.php/journal|204
Rohmawati, M., Febrianti, A. P., Rahmadani, S. A., Husna, D. A., Nabila, N. K., Cahyani, L. D., ... & Santoso, D. A. (2024). The Effect of Picture Media in Writing Descriptive Text Writing Skills In Grade 4 Students at SD Negeri 5 Bulungcangkring. Jurnal Disastri, 6(3), 209-218.
Santoso, D. A. (2023). Analysis of Critical Thinking and Self-regulation in Blended Method, Module-aided, Problem-Based Learning. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145-152.
Tria Astika, R., Made Astra, I., Sumarni, S., Dwi Andika, W., & Wahyudi, A. (n.d.). VIDEO PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENDUKUNG HASIL TES MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR.
DOI: https://doi.org/10.24176/re.v15i2.13806
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Visitors: