Preferensi Aplikasi Pembuatan Video Pembelajaran pada Mahasiswa PAI
Sari
Video pembelajaran merupakan media pembelajaran dalam bentuk audio visual untuk menyampaikan suatu topik/materi yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran baik daring maupun luring serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, namun tidak semua guru memiliki kapabilitas dalam membuat video pembelajaran sehingga menarik untuk mendeskripsikan preferensi aplikasi yang digunakan oleh mahasiswa sebagai calon guru PAI dalam pembuatan video pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data mahasiswa Prodi PAI Semester IV terdiri dari 2 Kelas yaitu PAI 4A dan PAI 4B sebanyak 59 mahasiswa pada mata kuliah Media Pembelajaran PAI. Penelitian ini memanfaatkan google classroom sebagai media untuk mengumpulkan tugas mahasiswa berupa video pembelajaran dengan preferensi aplikasi masing-masing dan google form sebagai media untuk mengumpulkan data deskriptif untuk mengidentifikasi aplikasi yang digunakan oleh mahasiswa sebagai calon guru PAI dalam pembuatan video pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi aplikasi yang paling banyak digunakan yaitu: Canva sebesar 63% dan CapCut sebesar 46%. Aplikasi Canva dan CapCut dapat dijadikan alternatif dalam pembuatan video pembelajaran sebagai media yang efektif digunakan dalam pembelajaran daring maupun luring yang dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar siswa dan mendukung pembelajaran mandiri karena mudah dipahami dan digunakan, memiliki banyak fitur/template yang menarik, dan merupakan aplikasi yang tidak berbayar.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54–67. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121
Anwar, S. (2014). Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah (1st ed.). Idea Press Yogyakarta.
Ardinata, K., & Parmiti, D. P. (2021). The Credibility of Listening Learning Videos for Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(1), 99. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i1.34369
Barbarić Pardanjac, M., Karuović, D., & Eleven, E. (2018). The interactive whiteboard and educational software as an addition to the teaching process. Tehnicki Vjesnik, 25(1), 255–262. https://doi.org/10.17559/TV-20160310173155
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). MODEL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADAPTIF DI SEKOLAH DASAR. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2356
Bersih, K., & Margunayasa, I. G. (2021). Demonstration-Based Learning Videos on the Topic of Substance Changes in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 279. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.34689
Fadliyana, A., Ardianti, S. D., & Santoso, D. A. (2023). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika The Influence Of Interest In Learning On The Learning Outcomes Of Grade Iv Students In The Eyes Maths Lessons. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(2), 120-126.
Fatmadiwi, A., Hairida, H., Sartika, R. P., Melati, H. A., & Rasmawan, R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran pada Konsep Asesmen Autentik untuk Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 266–277. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1322
Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387
Fitriani, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234–242. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19040
Fitrianingtyas, A., Zuhro, N. S., Jumiatmoko, Nurjanah, N. E., & Sholeha, V. (2021). Efektivitas Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Smartphone bagi Pendidik PAUD. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 28–37. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.48
Gordillo, A., Barra, E., López-Pernas, S., & Quemada, J. (2021). Development of teacher digital competence in the area of e-safety through educational video games. Sustainability (Switzerland), 13(15), 1–12. https://doi.org/10.3390/su13158485
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (Seventh Ed). Merrill Prentice Hall.
Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Kelas IV Di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45–50. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p045
Iriani, F. (2019). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi PAI di Sekolah Dasar. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 168–181. https://doi.org/10.22373/jie.v2i2.4164
Kusuma, F. I., Suryani, N., & Sumaryati, S. (2022). Mobile application-based media learning and its’ effect on students’ learning motivation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 1353–1359. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22481
Lukitarini, R., Wiryokusumo, I., & Suhari, S. (2020). Pengembangan Media Video Gerak Tari Sparkling Surabaya pada Mata Pelajaran Seni Budaya bagi Siswa SMP. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 67–75. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p067
Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 110–116. https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Novianty, N., Syarif, S., & Ahmad, M. (2021). Influence of breast milk education media on increasing knowledge about breast milk: Literature review. Gaceta Sanitaria, 35, S268–S270. https://doi.org/10.1016/j.gaceta.2021.10.031
Novita, A., & Munawir, M. (2022). Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1378–1386. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1947
Rahayu, I. D. (2022). Penerapan Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Kelas IX-A SMP Negeri 2 Gudo. Petisi, 03(02), 44–50.
Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165–178. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Santoso, D. A. (2023). Analysis of Critical Thinking and Self-regulation in Blended Method, Module-aided, Problem-Based Learning. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145-152.
Suryaman, S., & Suryanti, Y. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Plotagon Dan Capcut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 841–850. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2575
Syah, I. M. (2019). Keefektifan Media Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Menulis Narasi Di SD. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(1), 137. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4496
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tomczyk, L. (2020). Attitude to ICT and Self-Evaluation of Fluency in Using New Digital Devices, Websites and Software among Pre-Service Teachers. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(19), 200–212. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i19.16657
Tugirinshuti, G. J., Mugabo, L. R., & Banuza, A. (2022). Video-Based Multimedia on Learners’ Attitude Towards Astrophysics: Gender Equity and School Location. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 1455–1463. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22449
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Development of Interactive Video on Integrative Thematic Science Learning of Human Circulatory. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
DOI: https://doi.org/10.24176/re.v15i2.13918
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Visitors: