Penggunaan Media Flashcard dan Materi dari Situs A Cup of French dalam Pembelajaran Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Perancis

Iim Siti Karimah, Iis Sopiawati, Zakkisani Maghfira

Sari


This study aims to: 1) outline the steps for integrating flashcards and materials from the A Cup of French website into teaching students how to write simple French sentences; 2) assess students's proficiency in writing simple French sentences pre and post using these resources; and 3) explore students's feedback on using these resources. The research utilized a pre-experimental approach with a One-Group Pretest and Posttest Design, employing tests and questionnaires as instruments. The sample comprised 24 students from a vocational high school (SMKN) in Bandung. The study identified the following steps for utilizing flashcards and A Cup of French materials: 1) presenting and explaining the learning material; 2) allowing students to pick shuffled flashcards related to the material; 3) having students write simple French sentences based on the flashcards in their notebooks; 4) giving students each turns to write their answers on the board; and 5) correcting any mistakes or inaccuracies. Data analysis revealed that the average pretest score was 81.6%, while the posttest average increased to 93.1%, reflecting an improvement of 11.5%. These results fall into the "excellent" category, with a mastery level between 76% and 99%. Additionally, questionnaire feedback indicated that the use of flashcards encouraged students to practice French writing more frequently. In conclusion, integrating these media significantly enhances students's French writing skills.


Tujuan penelitian ini untuk: 1) menguraikan langkah-langkah penggunaan media flashcard dan materi dari situs A Cup of French dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana bahasa Perancis; 2) mengidentifikasi kemampuan menulis kalimat sederhana bahasa Perancis siswa sebelum dan setelah penggunaan media tersebut; dan 3) memperoleh informasi mengenai tanggapan siswa tentang media flashcard dan materi dari situs A Cup of French. Peneliti menerapkan metode pre-experimental dengan One-Group Pretest dan Posttest Design serta instrumen penelitian berupa tes dan angket. Sampel penelitian ini yakni 24 orang siswa dari salah satu SMKN di Bandung. Berdasarkan hasil penelitian, langkah-langkah penggunaan media flashcard dan materi dari situs A Cup of French dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana bahasa Perancis, yaitu: 1) Penjelasan dan penyampaian materi yang akan dipelajari; 2) Pemberian kesempatan untuk mengambil salah satu flashcard yang sudah diacak dengan materi yang sudah disampaikan; 3) Penulisan jawaban flashcard dengan kalimat sederhana bahasa Perancis di buku masing-masing; 4) Pemberian giliran untuk menuliskan jawaban di papan tulis; 5) Pengoreksian jawaban yang salah dan kurang tepat. Hasil analisis data tes menunjukkan nilai rata-rata pretest siswa sebesar 81,6% dan nilai rata-rata posttest sebesar 93,1%, sehingga terdapat kenaikan nilai rata-rata tes siswa sebesar 11,5%. Nilai tersebut termasuk dalam kategori baik, karena tingkat penguasaan siswa berada dalam interval 76% - 99%. Melalui hasil analisis angket, diperoleh informasi bahwa media flashcard dapat membantu memudahkan siswa untuk lebih sering berlatih menulis bahasa Perancis. Dengan demikian, penggunaan media tersebut dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis bahasa Perancis siswa.


Kata Kunci


Flashcard; writing; French sentences

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, 2010.

Arsyad, 2001. Media Pembelajaran, (Jakarta: Rajawali Press)

Budiyanto, C., & Hotimah, E. (2022). Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 47-57.

Cuq, Jean-Pierre. Le Français Langue Étrangère : Une Introduction. Didier, 2003.

Dalle, A., & Anwar, M. (2019). Penerapan Media Flashcard dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Karangan Bahasa Jerman. Indonesian Journal of Educational Studies (IJES), 22(2), 89-93.

Grevisse, Maurice. Le Bon Usage Référence de Grammaire Française (2016).

Hasani, Aceng. (2005). Ikhwal Menulis. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Press.

Marie-France Daniel (2015) La Construction du Texte

Narcy-Combes, Jean-Paul. Didactique des langues et des cultures : un cadre théorique. 2005)

Nurgiyantoro, B. (2016). Penilian Pembelajaran Bahasa (Berbasis Kompetens).- Yogyakarta: BPFE.

Pamuji, S. S., & Inung Setyami, S. S. (2021). Keterampilan berbahasa. Guepedia

Puren, Christian. Le Français Langue Étrangère : Un Enseignement en Mouvement (2004).

Rahayu, S. P. (2019). Dasar-dasar Filosofis Metode Pembelajaran Bahasa Prancis sebagai Bahasa Asing di Indonesia.

Rohmawati, M., Febrianti, A. P., Rahmadani, S. A., Husna, D. A., Nabila, N. K., Cahyani, L. D., ... & Santoso, D. A. (2024). The Effect of Picture Media in Writing Descriptive Text Writing Skills In Grade 4 Students at SD Negeri 5 Bulungcangkring. Jurnal Disastri, 6(3), 209-218.

Shafa. I, Siregar. Z. Hasanah. N., (2022). Pengembangan Media Flashcard Materi Pahlawanku untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Jurnal Basicedu.

Sopiawati, Iis & Mulyadi, Yadi. (2023). Penerapan Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Menulis Ringkasan Dongeng Berbahasa Prancis. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung; Alfabeta.

Tagliante, Christine. 1994. La Classe de Langue. Paris : CLE International

Vigner, Gard. 2004. La Grammaire en FLE. Paris: Hachette.

Yulistia, A., Diana, R., & Setia, R. (2020). Model Pembelajaran Scramble pada Keterampilan Menulis Bahasa Prancis Siswa Kelas X SMAN 9 Bandarlampung. PRANALA, 3(1), 114-124.

Zalukhu, F. F., Ningsih Zega, E. V. A., Dodo Daeli, F. F., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Media Gambar untuk Meningkatan Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi dengan Penerapan Model Project Based Learning. Journal on Education.




DOI: https://doi.org/10.24176/re.v15i2.13957

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

 

Visitors:

Free counters!