Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran IPAS di SDN Kamal 05

Ilyas Naufal Faiz, Nana Hendracipta, Encep Andriana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendenskripsikan tentang bagaimana strategi guru dalam perencanaan, pelaksanaan, peran guru, serta hasil yang didapatkan dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deksripsi kualitatif, dengan teknik pengumpulan data Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa strategi guru dalam tahap perencanaan dimulai dengan melakukan diagnosa  awal dengan melihat nilai pada pembelajaran sebelumnya dan melakukan sebuah tes awal yang kemudian dituangkan ke dalam modul ajar dan penentuan perangkat pembelajaran yang disesuaikan pada aspek diferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar. Strategi pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi adalah dengan guru melaksanakan pembelajaran dengan memberikan kesempatan yang sama terhadap individu peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya dengan aspek diferensiasi konten, proses, produk, dan lingkungan belajar. Peran guru pada proses pembelajaran berdiferensiasi adalah dengan guru memberikan pelayanan, bimbingan, dan pengarahan kepada peserta didik baik yang menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta didik pada proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas dengan bantuan orang tua/wali peserta didik. Hasil dari pembelajaran berdiferensiasi ini memberikan dampak baik terlihat pada pembelajaran di kelas peserta didik aktif dan antusias dalam pembelajarannya, serta meningkatnya kemampuan akademik secara keseluruhan

Kata Kunci


Differentiated learning; Teacher’s strategy; Natural and Social Science.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriana, E., Rokmanah, S., & Aprilia, L. (2023) Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Tembong 2. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 1:1-2.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.

Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1): 1063-1073.

Budimansyah, D., Suparlan, & Meirawan, D. (2008) Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan. Bandung: Ganeshindo

Fadliyana, A., Ardianti, S. D., & Santoso, D. A. (2023). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika The Influence Of Interest In Learning On The Learning Outcomes Of Grade Iv Students In The Eyes Maths Lessons. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(2), 120-126.

Fauzi, S. A. ., & Mustika, D. . (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492–2500.

Harahap, A. (2019). Education Thought of Ibnu Miskawih. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research. 1(1): 1-14

Jenetta, L., Andriana, E., & Rokmanah, S. (2023) Peran Guru Terhadap Perkembangan Moral Peserta Didik di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri. 9(5): 2602.

Lestari, L., Hadarah, H., & Soleha, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. EDOIS: International Journal of Islamic Education, 1(02), 49-58.

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. AS-SABIQUN, 5(6), 1677-1693.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Mumpuniarti, Mahabbati, A., & Handoyo, R. R. (2023). Diferensiasi Pembelajaran (Pengelolaan Pembelajaran untuk Siswa yang Beragam). Yogyakarta: UNY Press

Nast, T.P.J., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 270-275.

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna Dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15(1), 75-94.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34–54.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Impelemntasi Kurikulum Merdeka Belajar. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187

Rohmawati, M., Febrianti, A. P., Rahmadani, S. A., Husna, D. A., Nabila, N. K., Cahyani, L. D., ... & Santoso, D. A. (2024). The Effect of Picture Media in Writing Descriptive Text Writing Skills In Grade 4 Students at SD Negeri 5 Bulungcangkring. Jurnal Disastri, 6(3), 209-218.

Wahyuni, A.S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2):124.

Warsiyah. (2021). Strategi Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk Memitigasi Learning Loss melalui Pembelajaran Terdiferensiasi. Neo-Jer: North Borneo Journal of Educational Research. 2(1): 1-9.




DOI: https://doi.org/10.24176/re.v15i2.14035

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

 

Visitors:

Free counters!