Pengelolaan Sekolah Berbasis Keterampilan Abad 21 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Mranggen

Maria Ulfah, Widya Kusumaningsih, Nurkolis Nurkolis

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian budaya sekolah disiplin positif serta bagaimana pengorganisasian budaya sekolah disiplin positif dalam program pengelolaan sekolah berbasis keterampilan abad 21 di SMP Negeri 2 Mranggen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perencanaan budaya sekolah disiplin positif dilakukan melalui penyusunan kebijakan yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Pengorganisasian melibatkan pembagian tugas yang jelas antara kepala sekolah, guru, dan staf dalam mendukung implementasi budaya disiplin positif. Pelaksanaan budaya sekolah disiplin positif diwujudkan melalui program rutin, pembiasaan nilai-nilai positif, serta pemanfaatan teknologi dalam mendukung keterampilan abad 21. Pengendalian dilakukan melalui evaluasi berkala dan umpan balik dari berbagai pihak untuk memastikan keberlanjutan program. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa budaya sekolah disiplin positif yang terorganisir dengan baik dapat memperkuat pengelolaan sekolah berbasis keterampilan abad 21. Oleh karena itu, disarankan agar sekolah terus mengembangkan strategi inovatif dalam menanamkan budaya disiplin positif guna meningkatkan kualitas pendidikan yang adaptif terhadap tuntutan zaman.


Kata Kunci


Pengelolaan sekolah; keterampilan abad 21; pendidikan; sekolah menengah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendrawan, F. (2023). Kepemimpinan dan Kualitas Pendidikan: Teori dan Praktik. Malang: Pustaka Ilmu.

Miles, Matthew B., & Huberman, A. Michael. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2021). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Praktik, dan Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purnamasari, N. (2023). Perencanaan Strategis dalam Pendidikan. Surabaya: Penerbit Narasi.

Puspopranoto, S. (2006). Manajemen Bisnis. Jakarta: Penerbit PPM.

Rahmawati, N. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rohmawati, M., Febrianti, A. P., Rahmadani, S. A., Husna, D. A., Nabila, N. K., Cahyani, L. D., ... & Santoso, D. A. (2024). The Effect of Picture Media in Writing Descriptive Text Writing Skills In Grade 4 Students at SD Negeri 5 Bulungcangkring. Jurnal Disastri, 6(3), 209-218.

Santoso, D. A. (2023). Analysis of Critical Thinking and Self-regulation in Blended Method, Module-aided, Problem-Based Learning. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(2), 145-152.

Siagian, S. P. (2002). Kiat meningkatkan produktivitas kerja (Cetakan pertama). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, R. (2019). Pendidikan dan Pembangunan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sumiati, & Muhammad Syaifudin. (2023). Mengelola Berbagai Stakeholder Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31300-31305

Supriyanto, A. (2022). Kolaborasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Tahir, M. (2022). Inovasi dalam Pengelolaan Sekolah: Strategi dan Implementasi. Jakarta: Penerbit Rajawali.

Tilaar, H. A. R. (2020). Membangun Pendidikan Berkarakter untuk Bangsa yang Tangguh. Jakarta: Penerbit Grafindo.

Trilling, B., & Fadel, C. (2019). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. New York: Jossey-Bass.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudi. (2021). Pengembangan Keterampilan Abad 21 dalam Pendidikan: Strategi dan Implementasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yuliana, D. (2022). Peran Guru dalam Era Globalisasi: Membangun Karakter dan Kualitas Pendidikan. Jakarta: Penerbit Maju Bersama.

Zainal, R. (2022). Manajemen Mutu Pendidikan: Konsep dan Implementasi. Jakarta: Penerbit Rajawali.

Zainal, R. (2023). Manajemen Pendidikan: Teori dan Praktik di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zubaidah, S. (2018, June). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (Vol. 13).




DOI: https://doi.org/10.24176/re.v15i2.14806

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

 

Visitors:

Free counters!