PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA SDN I NGEMBALREJO BAE KUDUS

Khamdun -

Abstract


Dalam pelaksanaan dilapangan khususnya di SD1 Ngembalrejo Bae Kudus dalam mata pelajaran IPA, siswa masih cenderung pasif,enggan dan bosan untuk belajar IPA. Hal ini karena didalam pembelajaran masih banyak berpusat pada guru, kegiatan yang dilaksanakan masih kurang bermakna bagi siswa ,sehingga hasil belajar siswa masih rendah, terbukti dari nilai pre tes mata pelajaran IPA adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 siswa, hanya 9 siswa yang mencapai KKM, jadi masih berada dibawah standar nilai belajar tuntas yaitu 7,0, keadaan ini sangat memperhatinkan kita. Para guru IPA sangat bertanggung jawab untuk meningkatkan prestasi belajar. Salah satu usaha yang dapat meningkatkan prestasi belajar dalam mata pelajaran IPA yaitu metode inkuiri, barangkali bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengajar beberapa pokok bahasan dalam pelajaran IPA khususnya meteri bentuk energi

Penelitian ini dilakukan dengan cara pembelajaran Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui inkuiri terbimbing pada siswa SDN 1 Ngembalrejo Bae Kudus.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas yang terdidri 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari perencanaan,pelaksanaan tindakan ,observasi,dan refleksi.Data yang diperoleh peneliti yaitu data aktivitas siswa dengan metode inkuiri terbimbing dan hasil belajar IPA.

Hasil penilitian pada siklus 1 menunjukkan adanya peningkatan scor rata-rata aktivitas siswa belajar IPA dari katagori cukup baik dengan presentasi 64,20 % pada siklus 1, meningkat menjadi 85,14% katagori baik pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan,bahwa metode inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Teks Lengkap:

UNDUH


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v4i2.417

Article Metrics

Abstract views : 265| UNDUH views : 948

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

free hit counter View My Stats

Collaborate with:

 

 

Visitors:

Free counters!