UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN MOTIVASI MEMBACA GEGURITAN MELALUI METODE TEATRIKALISASI GEGURITAN PADA PESERTA DIDIK KELAS 6 SD 1 SADANG KECAMATAN JEKULO KABUPATEN KUDUS SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Kusniati -

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk meningkatkan: (1) keterampilan membaca geguritan, yaitu aktualisasi teknik meliputi nada, tempo, dinamik, dan ekspresi dalam membaca geguritan; dan (2) motivasi peserta didik dalam pembelajaran, yaitu keaktifan, ketertarikan, keinginan peserta didik untuk belajar membaca geguritan sesuai dengan teknik membaca geguritan dengan benar.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SD 1 Sadang Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, dengan subjek para peserta didik kelas 6 semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Jumlah peserta didik ada 32, dengan rincian 16 laki-laki dan 16 perempuan. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran membaca geguritan. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, serta tahap analisis dan refleksi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan kualitas pembelajaran baik proses maupun hasil membaca geguritan pada peserta didik kelas 6 semester 1 tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan kualitas proses pembelajaran tersebut ditandai dengan meningkatnya: (1) jumlah kualitas peserta didik yang aktif dalam kegiatan apersepsi maupun dalam kegiatan pembelajaran; (2) jumlah peserta didik yang tertarik dan termotivasi dalam kegiatan pembelajaran membaca geguritan; dan (3) jumlah peserta didik yang sudah mampu membaca geguritan dengan teknik yang benar dengan menggunakan metode teatrikalisasi geguritan. Adapun peningkatan kualitas hasil pembelajaran ditandai dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang mencapai batas ketuntasan, yaitu pada siklus 1 adalah 21 peserta didik dari 32 peserta didik (66%). Pada siklus 2 menjadi 30 peserta didik (94%). Adapun langkah-langkah efektif yang dilakukan oleh peneliti untuk mengoptimalkan metode ini, antara lain: (1) membagi peserta didik secara berkelompok yang didasarkan perbedaan tingkat kemampuan membaca geguritan; (2) memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berlatih membaca geguritan melalui metode teatrikalisasi geguritan; (3) mengintegrasikan keterampilan membaca geguritan dengan keterampilan berbahasa lainnya, seperti berbicara, membaca, dan mendengarkan; dan (4) mengaplikasikan membaca geguritan dalam kegiatan seni di lingkungan sekolah khususnya sesuai pengalaman yang didapat peserta didik selama penelitian. Prinsip pokok pada metode ini adalah mengetahui, berlatih, menerapkan, memeragakan, sehingga peserta didik mengaktualisasikan nada, tempo, dinamik,ekspresi, dalam membaca geguritan dengan benar.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/re.v5i2.592

Article Metrics

Abstract views : 310| PDF views : 860

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


free hit counter View My Stats

 

Visitors:

Free counters!