PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI DJP ONLINE PELAPORAN SPT PAJAK

Adi Supriyatna
Vivi Maria

Abstract


Abstrak

Pada bulan februari 2015 Direktorat Jendral Pajak (DJP) mengeluarkan sebuah aplikasi atau sistem informasi baru yang bernama DJP ONLINE untuk memudahkan para wajib pajak untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak. Untuk mengetahui apakah sistem informasi DJP Online berjalan sebagaimana mestinya, maka diperlukan proses evaluasi terhadap kinerja dari sistem informasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dalam hal ini adalah para wajib pajak dalam menggunakan sistem informasi DJP Online, serta menilai apakah sistem informasi DJP Online ini sudah dapat memenuhi kebutuhan para pengguna. Dalam penelitian ini, akan digunakan model analisis PIECES Framework yang merupakan suatu alat dalam menganalisis sistem informasi yang berbasis komputer, dimana terdiri dari poin penting yang berguna untuk dijadikan pedoman dalam menganalisis sistem tersebut. Secara singkat, PIECES Framework mengandung hal – hal penting dalam pengevaluasian sistem, seperti : Performance, Information and data, Economics, Control and security, Efficiency, dan yang terakhir Service. Metode penelitian atau jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan tahapan penelitian merumuskan masalah, merumuskan hipotesa, mengumpulkan data, pengolahan data dan hasil penelitian. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk evaluasi dan pengembangan sistem informasi DJP Online berdasarkan tingkat kepuasan pengguna sistem informasi tersebut.

 

Kata kunci: DJP Online, PIECES Framework, Tingkat Kepuasan.

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 2512| PDF views : 1641

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.