PENERAPAN ALGORITMA COLLISION DETECTION DAN BOIDS PADA GAME DOKKAEBI SHOOTER

Lia Musfiroh
Ahmad Jazuli
Anastasya Latubessy

Abstract


Abstrak
Game berbasis android telah berkembang pesat, dengan semakin berkembangnya
pengguna smartphone maupun tablet di dunia ini. Industri pembuat game pun mempunyai
banyak peluang untuk memproduksi game. Banyak keuntungan dari memproduksi game karena
banyaknya peminat dari game. Pembuatan game merupakan bidang yang menarik untuk
dipelajari karena besarnya potensi baik dari segi ilmu pengetahuan maupun dari segi
komersil. Dalam penelitian ini penulis merancang dan membangun aplikasi game Dokkaebi
Shooter berbasis android dengan penerapan algoritma collision detection untuk deteksi
serangan tabrakan dan algoritma boids untuk pergerakan musuhnya. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode prototype, yaitu metode yang memberikan ide bagi system
analyst atau pemrogram dalam menyajikan gambaran lengkap sistem dari identifikasi
kebutuhan user (pemakai), mengembangkan prototype, menentukan prototype apakah
prototype dapat diterima user dan penggunaan dari prototype. Hasil dari penelitian ini yaitu
menghasilkan game mobile android berupa game single player tembakan vertikal monster
dokkaebi yang dapat melatih ketangkasan pemain dengan tampilan 2D dan terdiri dari 3 level,
yang dapat dijalankan pada smartphone maupun tablet android.

Kata kunci : android, boids, game, collision, shooting.

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 798| PDF views : 840

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.