OPTIMISASI TOTAL TEMPUH NPC PADA RTS GAME MENGGUNAKAN HARMONY SEARCH ALGORITHM

Herti Miawarni

Abstract


Abstrak

Pada sebuah fighting game khususnya Real Time Strategy (RTS), perilaku menyerang yang dimiliki oleh autonomous NPC (Non Player Character) dituntut untuk lebih realistik dan natural. Perilaku menyerang NPC ditentukan berdasarkan penugasan pada tiap individu NPC (Assignment List), sehingga tiap NPC akan memiliki target serang masing-masing. Assignment List dapat disusun berdasarkan hasil analisa parameter jarak, sehingga dibutuhkan metode optimisasi untuk menganalisa parameter jarak, agar rata-rata total tempuh tiap NPC menjadi pendek (optimal). Pada penelitian ini, digunakan algoritma optimisasi Harmony Search Algorithm (HSA), yaitu merupakan salah satu metode optimisasi yang dapat digunakan dalam proses pencarian jalur terpendek (Shortest Path Finding). Dari uji coba yang dilakukan, perilaku pergerakan menyerang paling realistik diperoleh pada saat kedua kubu NPC saling menggunakan HSA, dengan waktu komputasi sebesar 0.69 detik, dan rata-rata total tempuh mencapai nilai terpendek sebesar 384.12.

Kata kunci : assignment list, Harmony Search Algorithm (HSA), Non Player Character (NPC), parameter jarak, rata-rata total tempuh.

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 284| PDF views : 154

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.