IMPLEMENTASI DATA MINING SEBAGAI INFORMASI STRATEGIS PENJUALAN BATIK (STUDI KASUS BATIK MAHKOTA LAWEYAN)

Yusuf Sulistiyo Nugroho
Fatah Yasin Al Irsyad

Abstract


Abstrak

Sebuah data warehouse yang telah dimiliki oleh Batik Mahkota Laweyan bisa dijadikan sebagai sumber informasi bagi manajemen perusahaan terkait dengan rencana strategis perusahaan di masa yang akan datang yang berkaitan dengan tren kategori batik berdasarkan nama pola batik dan wilayah pemasarannya dari waktu ke waktu. Namun, hal ini belum didukung dengan metode yang baik serta kemudahan dalam hal akses data untuk menentukan rencana strategis perusahaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk melakukan data mining guna menemukan informasi strategis terkait penjualan batik bagi manajemen Batik Mahkota Laweyan. Metode dalam data mining yang digunakan untuk menggali informasi dari data warehouse Batik Mahkota Laweyan adalah Decision Tree dengan algoritma penentuan kriteria atributnya menggunakan information gain. Variabel yang dicari informasi strategisnya adalah nama kategori batik berdasarkan variabel nama pola, propinsi wilayah pemasaran, dan jenis kelamin pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang memiliki pengaruh paling tinggi untuk menentukan klasifikasi nama kategori batik adalah nama pola (X1). Hal ini ditunjukkan dengan variabel X1 yang menempati sebagai simpul akar (root node) dalam diagram decision tree.

Kata kunci: batik mahkota, data mining, decision tree, information gain, klasifikasi


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 1535| PDF views : 1279

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.