Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Sains dan Teknologi?
Ke Login

 

Petunjuk Penulis

Pedoman Umum Penulisan
Naskah di ketik pada kertas HVS ukuran A4 (210 x 297 mm) dalam bentuk dua kolom, width 7,75 cm dan spacing 1 cm, maksimum 10 halaman sudah termasuk abstrak dan daftar pustaka. Marjin kiri 2,5 cm, atas 4 cm, bawah 3 cm,   kanan 2 cm, header dan footer 2 cm. Pengetikan dengan satu spasi. Menggunakan  format .doc atau .docx, font Times New Roman ukuran 11. Penulisan kutipan dan daftar pustaka menggunakan metode Vancouver.

Format Penulisan
1. Judul, bersifat informatif, singkat dan jelas, maksimal 20 kata, di tulis dengan huruf kapital dalam bahasa Indonesia dan Inggris.
2. Penulis, disebutkan tanpa gelar
3. Abstrak, Penulisan abstrak terdiri dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan terdapat dalam satu halaman yang sama. Ukuran Judul 14, dan isi berukuran 10. Susunan berupa structured abstract, yang berisi Latar belakang (background), Metode (method), Hasil (result) dan Kesimpulan (conclusion).
Maksimum 250 kata, satu paragraf dengan spasi 1. Kata kunci sebanyak 2 – 5 kata, menjelaskan secara singkat tujuan dan hasil penelitian.
4. Pendahuluan, memuat latar belakang, permasalahan dan tujuan
5. Metode penelitian, menguraikan tentang waktu dan tempat penelitian, bahan dan alat, metode, peubah dan teknik analisa data
6. Hasil dan Pembahasan, menyajikan deskripsi hasil penelitian yang di bahas dengan penguraian jelas dan diperkuat dengan pustaka yang relevan. Sajian hasil penelitian dapat diperjelas dengan dilengkapi tabel atau gambar dengan resolusi yang cukup untuk di cetak pada  hardcopy  jurnal. Lampiran di sertakan jika penting.

7. Simpulan, merupakan ringkasan hasil yang diputuskan oleh peneliti, penyunting atau penggagas.

8. Saran, bila ada, dapat di sertakan setelah simpulan
9. Ucapan terima kasih, bila ada, dapat disebutkan setelah simpulan atau saran.
10. Daftar pustaka, hanya memuat pustaka yang relevan dengan format penulisan Vancouver
Buku   :  Author   Surname  Initials.  Title:   subtitle.  Edition   (if   not  the   first).   Place   of   publication: Publisher; Year.
Jurnal : Author Surname Initials. Title of article. Title of journal, abbreviated. Date of Publication: Volume Number(Issue Number): Page Numbers.
Web   :  Author   Surname   Initials  (if   available). Title   of  Website   [Internet].   Place  of   publication: Publisher; Date of First Publication [Date of last update; cited date]. Available from: URL
Contoh :
Santoso S. SPSS : Statistika Parametrik. Jakarta : Elexmedia Komputindo; 2000.
Thomas MC. Diuretics, ACE inhibitors and NSAIDs - the triple whammy. Med J Aust. 2000:
172:184-185.
Fehrenbach MJ. Dental hygiene education [Internet]. [Place unknown]: Fehrenbach and Associates; 2000 [updated 2009 May 2; cited 2009 Jun 15]. Available from: http://www.dhed.net/Main.html

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:


  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.

  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.

  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya kutipan yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal yang sudah disebutkan dan tidak akan dibuat tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.