Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika melalui Model PBL Berpendekatan STEM Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VIII

Nurrohmah Nurrohmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematika melalui model PBL berpendekatan STEM ditinjau dari rasa ingin tahu siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method dengan model sequential explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumowono dan SMP Islam Sudirman Sumowono tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel kelas VIII A dan kelas VIII B dari masing-masing sekolah sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, kuesioner, observasi, angket, dan wawancara. Data kuantitatif diuji dengan uji rata-rata, uji proporsi, uji beda rata-rata dan uji beda proporsi, dan uji regresi linear sederhana sedangkan data kualitatif dengan keabsahan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran PBL berpendekatan STEM efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa; dan (2) kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan rasa ingin tahu tinggi mampu memenuhi indikator informasi, konsep dan ide, penyimpulan, dan sudut pandang dengan baik, sedangkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan rasa ingin tahu sedang mampu memenuhi indikator informasi, konsep dan ide, namun pada indikator penyimpulan dan sudut pandang kurang baik, sedangkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan rasa ingin tahu rendah mampu memenuhi indikator informasi, namun pada indikator konsep dan ide, penyimpulan dan sudut pandang kurang baik. 


Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis, PBL, STEM, Rasa Ingin Tahu Siswa



DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v6i2.11418

Article Metrics

Abstract views : 31|

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: