Literasi Matematika Ditinjau dari Self Efficacy pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika

Anisa Rosdiana

Abstract


Latarbelakang: hingga saat ini, masih banyak siswa melihat matematika sebagai pembelajaran sarat akan hitungan. Hal ini menyebabkan siswa enggan belajar matematika sebab berhitung dan berfikir bukan merupakan hal yang menarik. Situasi tersebut juga nampak pada para siswa di di SMA Ma’arif Karangmoncol Purbalingga.

Metode penelitian: Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan 6 orang siswa dari sampel asal sejumlah 30 orang siswa yang peneliti saring menggunakan kriteria inklusi. Peneliti menggunakan tiga instrument untuk mengumpulkan data, yaitu angket self-efficacy, tes literasi matematika, dan wawancara. Peneliti menganalisis hasil tes kemampuan literasi matematis siswa dengan menyilangkan temuan tersebut pada hasil wawancara.

Hasil penelitian: peneliti menemukan 1) siswa dengan self-efficacy tinggi memiliki literasi matematis tinggi, 2) siswa dengan self-effikasi menengah memiliki literasi matematis menengah, dan 3) siswa dengan self-efficacy rendah memiliki kamampuan literasi matematis rendah. Hasil penelitian ini dapat menjadi perhatian dan catatan bagi guru bahwa self efficacy merupakan salah satu kemampuan afektif yang harus dimiliki oleh siswa.

 


Keywords


self efficacy, literasi matematika, aritmetika

References


Aji, K. R., & Hartono, R. (2019). The formative assessment backwash in English instruction at kristen nusantara vocational school. English Education Journal, 9(4), 541–557. https://doi.org/10.15294/eej.v9i4.32078

Amin, Z. N., Pratiwi, P. C., & Rahmadani, N. K. A. (2021). Personality traits and self-efficacy learning performance: analysis of students carrying out practical courses. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10(2), 101–108.

Bandura, A. (1999). Self-Efficacy: the exercise of control. Journal of Cognitive Psychotherapy, 2, 158–1999. https://doi.org/10.1891/0889-8391.13.2.158

Dzwigol, H. (2022). Research methodology in management science: triangulation. Virtual Economics, 5(1), 78–93. https://doi.org/10.34021/ve.2022.05.01(5)

Green, Z. A. (2022). Generalized self-efficacy shields on the negative effect of academic anxiety on academic self-efficacy during covid-19 overtime: a mixed method study. Journal of School and Educational Psychology, 2(1), 44–59. https://doi.org/10.47602/josep.v2i1.17

Hanham, J., Lee, C. B., & Teo, T. (2021). The influence of technology acceptance, academic self-efficacy, and gender on academic achievement through online tutoring. Computers & Education, 172, 104252.

Hardiyanto, W., & Santoso, R. H. (2018). Efektivitas pbl, setting ttw dan tps ditinjau dari prestasi belajar, berfikir kritis, dan self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 116–126. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.11127

Ilhan, E., & Kalayci, N. (2019). How to evaluate curricula in higher education? designs based on four-stage evaluation and discrepancy models. Journal of Higher Education and Science, 9(3), 349. https://doi.org/10.5961/jhes.2019.337

Indah Lestari, D., Haris Effendi-Hasibuan, M., & Muhammad, D. (2020). The effect of the flipped classroom approach and self-efficacy on a guided inquiry on students’ creative thinking skills. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(2), 95–105. https://doi.org/10.24114/jpkim.v12i2.19435

Lestari, I. S., Zaenuri, Z., & Mulyono, M. (2022). Literasi matematika ditinjau dari self-efficacy dengan menggnakan problem solving learning model dengan strategi scaffolding. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1), 27–35. https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17091

Mardiana, R. E., Indrawatiningsih, N., & Afifah, A. (2018). Identifikasi self-efficacy siswa mts dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(2), 168–173.

Mariati, M. (2021). Tantangan pengembangan kurikulum merdeka belajar kampus merdeka di perguruan tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1 SE-Articles), 749–761. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.405

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300.

Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis kemampuan literasi matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502.

OECD. (2016). Results from PISA 2015: Indonesia. OECD Publishing, 1–8. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

Puspitasari, Y. D., & Nugroho, P. A. (2020). Peningkatan higher order thinking skill dan kemampuan kognitif pada mahasiswa melalui pendekatan science, environment, technology and society berbantuan modul pembelajaran. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 11–28. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14608

Rahmi, R., Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh self-efficacy terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran model discovery learning. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 27–34. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8733

Razzaq, A., Samiha, Y. T., & Anshari, M. (2018). Smartphone habits and behaviors in supporting students self-efficacy. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(2).

Sari, R. H. N., & Wijaya, A. (2017). Mathematical literacy of senior high school students in Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 100–107. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10649

Schleicher, A. (2018). PISA 2018: insights and interpretatins. In OECD.

Utaminingsih, R., & Subanji, S. (2021). Analisis kemampuan literasi matematika peserta didik pada materi program linear dalam pembelajaran daring. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 28–37.

Velasco, E. (2010). Encyclopedia of research design. In Encyclopedia of Research Design. SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781412961288

Widyastuti, A. (2022). Implementasi project-based learning pada kurikulum 2022 prototipe merdeka belajar. Elex Media Komputindo. https://www.gramedia.com/products/implementasi-project-based-learning-pada-kurikulum-2022-prototipe-merdeka-belajar

Yokoyama, S. (2019). Academic self-efficacy and academic performance in online learning: A mini review. Frontiers in Psychology, 9, 2794.

Younas, A., Fàbregues, S., Durante, A., Escalante, E. L., Inayat, S., & Ali, P. (2023). Proposing the “miracle” narrative framework for providing thick description in qualitative research. International Journal of Qualitative Methods, 22, 16094069221147162. https://doi.org/10.1177/16094069221147162

Zulfa, A., Katono, & Cahyono, A. N. (2021). Mathematical communication skills in terms of self efficacy through guided discovery learning assisted immediate feedback. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(1), 75–82.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v6i2.11790

Article Metrics

Abstract views : 38| PDF (Bahasa Indonesia) views : 12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: