KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SERUPA PISA PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM

Hidayatun Nafiah
Rochmad Rochmad
Scolastika Mariani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah serupa PISA pada model problem based learning dengan pendekatan flipped classroom. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik serupa PISA sebagai salah satu kemampuan yang dibutuhkan menghadapi permasalahan di masyarakat saat ini. Oleh karena itu, permasalahan tersebut menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini juga menggunakan metode penelitian campuran dengan mengkategorikan kemampuan pemecahan masalah serupa PISA dianalisis secara kuantitatif untuk mengetahui proporsi dan persentase ke dalam kategori tinggi, rendah dan sedang yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini berupa kemampuan pemecahan masalah serupa PISA kelas X salah satu SMA di Kota Semarang pada pembelajaran problem based learning dengan pendekatan flipped classroom, peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah serupa PISA tinggi sebanyak 13,89%, peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah serupa PISA sedang sebanyak 72,22%, dan peserta didik dengan kemampuan pemecahan serupa PISA sebanyak 13,89%. Secara kualitatif, peserta didik dengan pemecahan masalah serupa PISA yang rendah dapat memahami masalah dengan baik, cukup baik dalam merencanakan penyelesaian meskipun terdapat kekeliruan, kurang baik dalam melakukan rencana masalah dan memeriksa kembali jawaban. Peserta didik dengan kategori sedang, dapat memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melakukan rencana masalah dengan baik serta cukup baik dalam memeriksa kembali jawaban. Sedangkan peserta didik dengan kategori tinggi, dapat memahami masalah, merencanakan penyelesaian dan melakukan rencana masalah dengan sangat baik, serta memeriksa kembali jawaban dengan baik.


Keywords


Pemecahan Masalah Serupa PISA, Problem Based Learning, Flipped Classroom

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62 Al-Khateeb, M. A. (2018). The Effect of Teaching Mathematical Problems Solving Through Using Mobile Learning on The Seventh Grade Students’ Ability to Solve Them in Jordan. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 12(1), 178–191. Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78 Asyah, S., Rosalina, E., & S, A. E. (2019). Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Uncertainty and Data untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 1(2), 52–63. Hendriana, H., Eti, R. E., & Sumarno, U. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills Matematika Siswa. PT Refika Aditama. Kaya, Z., & Akdemir, A. S. (2016). Learning and teaching: Theories, approaches and models. Ankara: Çözüm Publishing. Polya, G. (2004). How to solve it. Princeton University Press. Radunovich, H. L., & Acharya, S. (2018). If You Flip It, Will They Watch? Case Evaluation of a Hybrid Course. NACTA Journal, 62(1), 88–88. Rosalina, A. D., & Ekawati, R. (2017). Profil Pemecahan Masalah Pisa Pada Konten Change and Relationship Siswa Smp Ditinjau Dari Kecerdasan Linguistik, Logis-Matematis, Dan Visual-Spasial. MATHEdunesa, 6(3), 53–62. Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p445-452




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v6i2.11942

Article Metrics

Abstract views : 37| PDF (Bahasa Indonesia) views : 10

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: