Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Aplikasi Quizizz Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kembang Janggut
Abstract
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan aplikasi Quizizz di Kelas VII SMP Negeri 1 Kembang Janggut.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-D sebanyak 28 siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan aplikasi Quizizz. Data diperoleh dari observasi, LKPD, latihan, tugas, dan tes akhir siklus. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa nilai rata-rata hasil belajar siswa.
Hasil penelitian: Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Nilai hasil belajar diperoleh dari data berupa nilai LKPD, latihan, tugas, dan tes akhir siklus. Pada siklus I mengalami peningkatan dari nilai dasar 47,64 menjadi 64,77. Pada siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus I 64,77 meningkat menjadi 75,15. Pada siklus III mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus II 75,15 meningkat menjadi 86,01. Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas guru dikategorikan baik dan aktivitas siswa dikategorikan cukup, pada siklus II aktivitas guru dikategorikan sangat baik dan aktivitas siswa dikategorikan baik, dan siklus III aktivitas guru dan aktivitas siswa dikategorikan sangat baik.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach:(terjemahan Helly Prajitno S. dan Sri MS). Pusaka Pelajar.
Arifin, Syamsul. (2021). Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kognitif dalam Pembelajaran Matematika. Indramayu: CV. Adanu Abimata
Asmani, J. M. (2011). Tips Pintar PTK Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Laksana.
Dimyanti, M. D. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Geminastiti, K. (2020). Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2), 66–69.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79.
Kunanadar. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kurniawan, N. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Deepublish.
Liantoni, F., Rosetya, S., Rizkiana, R., Farida, & Hermanto, L. A. (2018). Peran Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Kemampuan Siswa SMA dan SMK Dalam Menghadapi Perkembangan Era Digital. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(2), 109–113
Lusi, Samuel S. (2013). Asyiknya Penelitian Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Mansur, R. (2018). Belajar Jalan Perubahan Menuju Kemajuan. Jurnal Vicratina, 3(1), 145-158.
Novelni, Delsi., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Journal of Basic Education Studies 4(1).
Pertiwi, F. A., Siswandari, & Sawiji, H. (2021). The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) Based Socioscientific Issue (SSI) to Improve Critical Thinking Skills. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 15(10), 957–969.
Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29.
Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014), hlm.173-174. (Y. S. Hayati (ed.); Issue July 2014). PT. Bumi Aksara.
Setiawati, S. M. (2018). Telaah Teoritis: Apa itu Belajar ?.Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31–46.
Soedjadi, (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstansi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana (2014). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sudijono, A. (2011a). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Depok: Rajawali Per.
Sukidin, Basrowi, & Suranto. (2007). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Insan Cendikia
Slameto, (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Suryadi, D. (2011). Didactical Design Research (DDR) Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Strengthening Research Collaboration on Education, April, 1–12.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (4th ed.). Kencana.
Susilo, Herawati, dkk.(2011). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keterampilan Guru. Malang: Bayumedia Publishing.
Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik Zulvia Trinova. Jurnal Al-Ta’lim, 1(3), 209–215.
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v6i2.12021
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: