Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Menggunakan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media PaPinBilCa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, R., Rahmadanti, D. A., Aryanti, R. D., Zahra, A. S. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). Systematic Literature Review: Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD Melalui Pendekatan Media Pembelajaran Berbasis Game. Intellektika: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(5), 84–99.
Ardana Riswari, L., Candra Sari, A., & Suryanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Operasi Hitung Campuran Sebagai Implementasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Di Desa Larikrejo. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 04(02), 235–244.
Elmanidar, N., Fakhriyah, F., & Rondli, W. S. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Pop Up Book terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa pada Tema 8 Kelas 5 SDN 1 Mayong Kidul. 4, 491–497.
Ermawati, D. (2020). Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sd. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1–9.
Ermawati, D., & Lovika Ardana Riswari. (2023). Sumber & Media Pembelajaran di SD. Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Hadi S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. PT Raja Grafindo Persada.
Hairun, R. A. F., Riswari, L. A., & Ermawati, D. (2024). Penerapan Model Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 734–741. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.5549
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. PT. Raja Grafindo Persada.
Julaeha, S., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(1), 1–26.
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kenedi, & Muhsam, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Connectingorganizing Reflecting Dan Extending (Core) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Sdn Oeba 3 Kupang. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 429–436. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.851
Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B Min Buduran Sidoarjo Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2329
Maulyda, M., & Mudrikah, A. (2023). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. 13(1), 56–67. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i1.7566
Muh, A. S., Muhsam, J., & Kupang, U. M. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas iv sekolah dasar. 03.
Muna, N., Ermawati, D., & Kironoratri, L. (2023). Penggunaan Model Realistic Mathematics Education Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas V Sd 1 Peganjaran. 4(3).
Murtiana, Y., Sulistyono, R., & Widyastuti, N. S. (2020). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Kelas IV SD Negeri Margomulyo 1. Epirins.Uad.Ac.Id, 1528.
Nisa, M. K., Purwaningrum, J. P., & Bintoro, H. S. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education) Berbantuan Media Cermath terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 444–451.
Purwaningrum, Jayanti Putri, Kusmanto, A. S., Ahyani, L. N., & Purwoko, R. Y. (2023). Pengembangan Media Buku Matematika Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Edupedia, 7(2).
Purwaningrum, Jayati Putri, & Ahyani, L. N. (2024). Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Materi Bilangan Cacah Sampai 1000. Euclid, 11(2), 129–141.
Saragih, T. A. M., & Tamba, K. P. (2022). Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Online Learning Untuk Membantu Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(1), 57–73.
Sari, N. P., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V dengan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Tabung Misteri. … Jurnal Karya Ilmiah …, 8(3), 704–712.
Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Sukardi, H. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara.
Umami, R. R., Utaminingsih, S., & Riswari, L. A. (2024). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbantuan Media ARCA Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 325–333. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2057
Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021). Framework asesmen kompetensi minimum (AKM). Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Z. Aqib, Jiyaroh, S., E, D., & K, K. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v7i2.13562
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: