Model Think Talk Write Berbantuan Media Monomat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar

Dylla Akny Noviarny
Murtono Murtono
Himmatul Ulya - [ http://orcid.org/0000-0002-0975-1519 ]

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran matematika dengan model Think Talk Write, 2) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan model Think Talk Write, dan 3) meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD 1 Wergu Kulon dengan model Think Talk Write berbantuan media Monomat pada materi bangun datar dan bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah jenis tes dan non tes. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk mengitung ketuntasan klasikal, rata-rata kelas, dan rata-rata per indikator kemampuan komunikasi matematika siswa. Analisis kualitatif menggunakan rating scale. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media Monomat. Siswa dapat berpikir, berbicara, dan menulis yang mengarah pada mengembangkan ide atau gagasan matematika sehingga kemampuan komunikasi matematika siswa dapat berkembang dengan menggunakan model Think Talk Write.

Keywords


Mathematical Communication Ability, Monomat, Think Talk Write

References


Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

BSNP. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Daryanto dan Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar Edisi II. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khoirunnisa dan Susanto. 2015. Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-GamesTournament Model Monopoli Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Unnes Physics Education Journal. 4 (2): 69-74.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutrisno, Hidayah. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Berpangkat Dengan Media Molikur-13 di Kelas VI SD 10 Malinau Kota. J-TEQIP. 1 (2): 226-238.

Ulya, H., dan Rahayu, R. 2017. Increasing Primary School Students’ Attitude Toward Mathematics Through The Implementation Of Treffinger Learning Using Dakon Game. International Conference On Education, 1 (01): 1-7.

Uno, Hamzah B. 2016. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Walle, John A Van. 2008. Matematika Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2254

Article Metrics

Abstract views : 993| PDF (Bahasa Indonesia) views : 797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: