Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara pada Materi Perkalian Pecahan

Nor Aulia Mukrimatin
Murtono Murtono
Savitri Wanabuliandari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil wawancara dengan guru terkait pemahaman konsep matematika, (2) mengetahui hasil observasi pembelajaran terkait pemahaman konsep matematika, (3) mengetahui hasil tes awal peserta didik terkait pemahaman konsep matematika. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri Rau Kedung Jepara Jawa tengah Indonesia. Penelitian dilaksanakan pada semester genap bulan mei tahun 2018. Subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan peserta didik kelas V SD Negeri Rau yang berjumlah 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan guru, observasi, dan tes. Setelah mendapatkan data, dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan pretest diketahui bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah 


Keywords


Mathematic Concept Comprehension, Guided Discovery Learning Model, Kaki Bima Game

References


Aksha, M., dan Shaleh. 2017. Peningkatan Peserta Didik Dalam Memahami Konsep Penjumlahan Pecahan Dengan Menggunakan Alat Peraga Kertas Lipat. Lentera, 1(2): 9-12.

Dharma, I.M.A., Suarjana, I.M., dan Suartama, I.K. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/2016 Di SD Negeri 1 Banjar Bali. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1): 1-10.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: ArRuzz Media

Handayani, H. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1): 142-149.

Mawaddah, S dan Ratih M. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 76 – 85. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22. 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Presiden Republik Indonesia.

Purwasih, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Peserta didik Mts Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9(1):16-25.

Santi, E.W, Jenny Is Poerwanti, dan Djaelani. 2016. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Pecahan. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 1-6.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wanabuliandari, S, Sekar, D.A, dan Susilo R. 2016. Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. EduMa, 5(2): 34-41.

Wijaya, A. 2011. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zuliana, E. 2017. Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Peraga Manipulatif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Jurnal Pendidikan, 8(1): 35-43.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277

Article Metrics

Abstract views : 1731| PDF (Bahasa Indonesia) views : 4470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: