Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas

Achmad Gilang Fahrudin
Eka Zuliana
Henry Suryo Bintoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika, keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran matematika dan aktivitas belajar siswa  menggunakan model Realistic Mathematic Education berbantu alat peraga BongPas. Subjek penelitian ini yaitu kelas V SD 2 Bae yang berjumlah 14 orang yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siklus I yaitu 35,7% dengan kriteria kurang dan pada siklus II yaitu 78,5% dengan kriteria baik.  Hasil pengamatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan, dari siklus I memperoleh persentase 76% dengan kriteria baik, sedangkan siklus II memperoleh persentase 86,5% dengan kriteria sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, dari siklus I dengan persentase 71% dengan kriteria baik sedangkan siklus II dengan persentase 82% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika, keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas belajar siswa di kelas V SD 2 Bae meningkat setelah diterapkannya model Realistic Mathematic Education berbantu alat peraga BongPas.


Keywords


Realistic Mathematic Education, Bongpas Viewer Tool, Ability to Understand Concepts, Cube Volume and Blocks

References


Alfirdausi, abdul Hadi. 2011. pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kartu Kotif (Koin Positif Negatif) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. 14 (1): 178-180.

Angraeni, Darwis dan Gnadung Sugita. Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Volume Kubus dan Balok Menggunakan Alat Peraga di Kelas V SDN Pebatae Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadalako Online, 1 (1), ISSN 2354-614X.

Hazami dan Nida Jarmita. 2013. Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Perkalian. Jurnal Ilmiah Didaktika Februari 2013, 13 (2): 212222.

Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center for Society Studies.

Ilma, Ratu dkk. 2007. Pengembangan Materi Kesebangunan Dengan Pendekatan PMRI di SMP Negeri 5 Talang Ubi. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): Juli 2007.

Lestari, Karunia Eka. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Masruroh, Intan dan Purwanto. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Kesebangunan Dengan Menggunakan Media Bongkar Pasang Bangun Datar di Sekolah Dasar. JPGSD 1 (2): 0-216.

Pujiati. 2004. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP. Jogja: Depdiknas.

Rahayu, Setya. 2012. Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 5 (3). Juli 2012.

Rochmatika, Yuliana Oki. 2015. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru dan Minat Belajar Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Widari, I Gusti Ayu Arista, dkk. 2013. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bangun Ruang pada Siswa Kelas IVA SDN 9 Sesetan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3 (2): Juli 2013. ISSN 2087-9016.

Yuliyanti, Sri. 2007. Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Pendidikan Matematika. 1 (2): ISSN 2338-3836.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280

Article Metrics

Abstract views : 2733| PDF (Bahasa Indonesia) views : 8281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: