Penerapan Model Inquiry Berbantuan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan model inquiry berbantuan media manipulatif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa kelas IV SD 5 Jepang materi keliling dan luas bangun datar, (2) untuk mendeskripsikan aktiivtas belajar siswa kelas IV SD 5 Jepang pada mata pelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar dengan menerapkan model pembelajaran inquiry berbantuan media manipulatif, dan (3) untuk mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran inquiry berantuan media manipulatif pada pelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar siswa kelas IV SD 5 Jepang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada IV SD 5 Jepang dengan subjek penelitian 41 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Variabel bebas adalah model pembelajaran inquiry berbantuan media manipulative. Variabel terikat adalah kemampuan koneksi matematik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deksripsi kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada nilai kemampuan koneksi matematik pada materi keliling dan luas bangun datar yakni siklus I (56,1%) dan siklus II (78,05%). Didukung dengan peningkatan keterampilan belajar matematika siswa pada siklus I 67,79 (baik) menjadi 78,2 (sangat baik) pada siklus II. Data pendukung lain yakni, peningkatan pada aktivitas belajar siswa dalam mengkoneksikan matematik siklus I 67,7% (cukup) menjadi 82,93% (baik) pada siklus II. Keterampilan mengajar guru dalam pengelolaan pembelajaran model pembelajaran inquiry juga mengalami peningkatan pada siklus I 66,23% (cukup) menjadi 82,21% (baik) pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry berbantuan media manipulatif dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa kelas IV SD 5 Jepang materi keliling dan luas bangun datar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriansyah, Adila Ekasatya. dan Ghina Nadhifah. 2016.Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry.Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 7 (1)ISSN 2086 4280.
Andiasari, Liena. 2015. Penggunaan Model Inquiry dengan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di SMPN 10 Probolinggo. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3 (1) 15-0 ISSN: 2337-7623; EISSN: 2337-7615,15-20.
Anggraeni, Silvia Ika. 2014.Profil Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3 (3).
Anita, Wahyu Ika. 2014. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Stkip Siliwangi Bandung, 3 (1).
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Emadwiastini, I.A. I Wyn.Wiarta dan M.G.Rini Kristiantari. 2014.Model Pembelajaran Bcct Berbantuan Media Manipulatif Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika.Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2 (1).
Firdausi, Indah Nur. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Kimia Dengan Model Pembelajaran Inquiry Dan Learning Cycle 5E Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan.Jurnal Pendidikan Sains, 2 (4) ISSN: 2338-9117, 193-199.
Grønmo, Liv Sissel, Mary Lindquist, Alka Arora, and Ina V.S. Mullis.TIMSS 2015 Mathematics Framework.TIMSS & PIRLS international Study Center.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara
Hamdani. 2011. StrategiBelajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor :Ghalia Indonesia
Harahap, Halomoan Tua. 2015. Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 Smp Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/201. Jurnal EduTech, 1 (1) ISSN : 2442-6024 e-ISSN : 2442-7063.
Hendriana, Heris dan M.Afrilianto.2017. Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru.Bandung : Refika Aditama
Hendriana, Heris dan Utari Sumarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung :Rafika Aditama
Heryani, Yeni. 2014.Peningkatan Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Peserta Didik SMK Negeri DiKabupaten Kuningan.Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1 (2) ISSN 1412-565X.
Johnson, Trevor dan Huge Neill. 2003. Matematika. Pakar Raya
Kariadinata, Rahayu dan Maman Abdurrahman. 2012. Dasar-Dasar Statistik Pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia
Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).Jakarta : PT RajaGrafindo
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena : CV Solusi Distributor.
Lastriningsih, L. 2017.Peningkatan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Melalui Metode Inquiry pada Siswa Kelas IV SD.Jurnal Prima Edukasia, 5 (1) ISSN 2338-4743 (print), ISSN 2460-9927, 68-78.
Lestari, Eka Kurnia dan Mokhammad Ridwan Yudjanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung :PT Refika Aditama
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung :PT Remaja RosdaKarya
Mandur, Kanisius, Wayan Sadra, dan Nengah Saputra. 2013.Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, Dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Swasta Di Kabupaten Manggarai. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, volume 2.
Mufidah, Lailatul. 2013.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks.Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1 (2) ISSN: 2337-8166.
Mulyasa, H E. 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung :PT Remaja Rosdakarya
Musriliana, Cut, Marwan & B.I Anshari.2015.Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Gender.Jurnal Didaktik Matematika, 2 (2) ISSN: 2355-4185.
Mustaqim dan Ary. 2008. Matematika untuk SD/MI Kelas IV.
Nuharini dan Sulis. 2016. Matematika Kelas IV.Solo : CV Usaha Makmur.
Nuriadin, Ishaq. 2015. Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Program Geometer’s Sketchpad dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4 (2).
OECD. 2016. Programme for International Student Assessment (PISA) Result From PISA 2015.Paris : OECD.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Puwaningrum, J.P.2016. Kemamuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Circuit Learning.Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. JPsd. Vol 2 no 2 Septemer 2016 hal 125-137.
Rochman, Chaerul dan Heri Gunawan.2011. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru Menjadi Guru yang Dicintai dan Diteladani Oleh Siswa.Bandung :Nuansa Cendekia
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada
Sholihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta :Bumi Aksara
Soetopo, Hendyat. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran(Teori, Permasalahan, dan Praktik). Malang : Universitas Muhammadiyah Malang
Soimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kruikulum 2013. Yogyakarta :Ar-Ruzz Media
Sotjipto dan Raflis Kosasi. 2011. Profesi Keguruan. Jakarta :PT Asdi Mahasatya
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta
Sumarmo, Utari. 2013. Beripikir dan Disposisi Matematika Serta Pembelajarannya. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia
Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung :CV Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta :Prenamedia
TIMSS.Mathematics–Fourth Grade.IEA, TIMSS & PIRLS international Study Center.
Trianto.2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta :Kencana Prenamedia Group
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Indoensia.
Winarno. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Isi, Strtegi, dan Penilaian. Jakarta :Bumi Aksara.
Yeni, Ety Mukhlesi. 2011. Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. (1) ISSN 1412-565X.
Zaini, Ahmad. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa.Jurnal Riset Pendidikan Matematika,1 (2), November 2014.
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2281
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: