Penerapan Model Creative Problem Solving Berbantuan Media Bongkar Pasang untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Sekolah Dasar

Irma Yuliani
Mohammad Kanzunnudin
Ratri Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika dengan diterapkannya model Creative Problem Solving berbantuan media bongkar pasang. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD 1 Wergu Kulon tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 23. Metode yang digunakan yakni metode penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yakni model Creative Problem Solving, sedangkan variabel terikatnya yakni kemampuan berpikir kreatif matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan mengajar guru pada siklus I mencapai 3,14 (baik), pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 3,40 (sangat baik). Skor rata-rata aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh 2,31 (cukup), dan pada siklus II memperoleh 2,82 (baik). Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan berpikir kreatif matematika pada materi jaring-jaring kubus dan balok dari siklus I mencapai ketuntasan 56,52% (sedang) ke siklus II mencapai ketuntasan 78,26% (tinggi).


Keywords


Creative Problem Solving, Creative Thinking Ability, Cube Nets and Cuboids.

References


Amalia, Yuli, dkk. 2015. Penerapan Model Eliciting Activities untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Journal Didaktik Matematika, 2(2): Hlm. 38-48.

Aqib, Zainal, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk guru SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasnawati, dkk. 2016. Implementasi Permainan Bongkar Pasang Dalam Melejitkan Berbagai Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Pada Paud It Ar-Rahman Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 19-28.

IEA. 2015. TIMSS 2015 International Results in Mathematics, [online], (http://timss2015. org/download-center, diakses tanggal 28 Maret 2018).

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Purwanti, Duwi. 2015. Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Gejayan Dengan Menggunakan Pendekatan PMRI. Jurnal INDI-Inovasi Didaktik, 1(1): 65-78.

Rosdiana, Daniar dkk. 2016. Pendekatan Eksploratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematika. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1): 231-240.

Sudewa, Dewa Gede Oka, dkk. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Media Flash CD Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri 6 Sukowati. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartono dan Erik Yustari. 2014. Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) Dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3): 187-193.

Suriyani, dkk. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa Mts Negeri 2 Medan Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 12(3): 224-234.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syafri, Fatrima Santri. 2016. Pembelajaran Matematika Pendidikan Guru SD/MI. Yogyakarta: Matematika.

Laugsch, R.C. 2000. Scientific Literacy: A Conceptual Overview. Science Education, 84 (10): 71-94.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2283

Article Metrics

Abstract views : 1063| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: