Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD melalui Model Guided Discovery Learning Berbantuan Permainan Kaki Bima

Ismi Sumaryati
Ratri Rahayu
Sri Utaminingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru mengajar dengan model guided discovery learning berbantuan permainan kaki bima pada materi bilangan romawi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD N Margorejo 01 Pati dengan subjek 25 siswa kelas IV. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model guided discovery learning berbantuan permainan kaki bima, sedangkan variabel terikat adalah pemahaman konsep matematika. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IV SD N Margorejo 01 Pati adalah 62,08 pada kriteria cukup dengan ketuntasan klasikal mencapai 48% pada siklus I meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata menjadi 78,7 pada kriteria tinggi dengan ketuntasan klasikal sebesar 80%, (2) rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 2,51 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 2,63 dengan kriteria baik, (3) rata-rata skor keterampilan guru pada siklus I adalah 2,56 dengan kriteria baik meningkat pada siklus II menjadi 3,00 dengan kriteria baik

Keywords


Mathematic Concept Comprehension, Guided Discovery Learning Model, Kaki Bima Game

References


Afrilianto. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Matematis Siswa SMP Dengan Pendekatan metaphorical thinking.Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi,1 (2), 192-203.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Standar Isi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kanzunnudin, dkk. 2013. Peranan Metode Guided Discovery Learning Berbantuan Lembar Kegiatan Ssiswa Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Matematika. Prosiding disajikan dalam Seminar Peranan Guru Profesional dan Berkarakter dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia di Era Global. Universitas Muria Kudus, Kudus, 30 Maret 2013.

Mullis, I dkk. 2015. TIMSS Advanced 2015 International Results in Advanced Mathematics and Physics. Chesnut Hills: Boston College.

Pardede, Erna dan Suyanti. R.D. 2016. Efek Model Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Kolaborasi Dengan Media Flash Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Tinggi Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1), 12-17.

Pramesti, Utami Dewi. 2015. Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang. Jurnal Puitika, 11 (1), 82-93.

Saila, Nurul. 2015. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Guided Discovery Meningkatkan Keaktifan Siswa Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sugiyono, Prof. Dr. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Hidayah. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Berpangkat Dengan Media Molikur-13 di kelas VI SD 10 Malinau Kota. J-TEQIP, 1 (2), 226-238.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2284

Article Metrics

Abstract views : 368| PDF (Bahasa Indonesia) views : 611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: