Perencanaan Guru Madrasah Aliyah Jambi dalam Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Dian Nisa Istofa
Marni Zulyanty

Abstract


Kesiapan sekolah dalam melaksanakan pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan menjadi faktor penting untuk melihat keefektifan pengunaan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Salah satu aspek untuk melihat keefektifan penggunaan kurikulum adalah dengan melihat kegiatan perencanaan pembelajaran. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan  melihat kesiapan guru madrasah aliyah pada pembelajaran matematika dalam perencanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Penelitian ini merupakan sebuah studi tentang implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan pada pembelajaran matematika khususnya dalam ranah perencanaan. Penelitian ini dilakukan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri 4 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripitif. Penelitian ini lebih menekankan pada perencanaan guru MA pada pembelajaran matematika dengan menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan pada pembelajaran matematika. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru  matematika Madrasah Aliyah Negeri 4 Muaro Jambi. Teknik pengumpulan data dalam pengumpulan ini dilakukan melalui observasi tentang situasi pembelajaran matematika dengan menggunakan KTSP, wawancara tentang perencanaan guru dalam mempersiapkan pembelajaran matematika pada kurikulum tingkat satuan pendidikan di madrasah aliyah. Berdasarkan hasil penelitian, kesiapan guru dalam mengembangkan silabus dan RPP sudah sesuai dengan ketetapan yang harus ada dalam acuan  kurikulum tingkat satuan pendidikan. Dimana komponen-komponen yang ada dalam silabus dan RPP yang dibuat guru telah memuat komponen tersebut. Selain itu guru juga telah menganalisis tujuan pembelajaran matematika yaitu kesesuaian standar kompetensi dengan materi pembelajaran yang akan disampaikannya. Kesiapan guru matematika juga ditunjukkan dengan memahami karakter siswa yang berbeda dalam setiap kelas.

Keywords


Perencanaan Guru, Pembelajaran Matematika.KTSP

References


Abdurahman, M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Abdurahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Chomsin, S et, al. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo

Creswell, Jhon W. 2012. Educational Research “Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research”. Amerika : Pearson

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: GP Press

Kompri. 2014. Manajemen Sekolah: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta

Mattarima, et, al. 2011. The Teaching Constraints of English as a Foreign Language in Indonesia: The Context of School Based Curriculum. Sosiohumanika, 4 (2): 287-300

Mulyasa, E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Santrock, J. 2011. Educational Psychology. Jakarta: Salemba Humanika

Swan, et al. 2010. Revisiting Mathematics: Manipulative Materials. APMC, 15 (2): 13-19

Yeni, et al. 2017. Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2 (2): 290-303




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2466

Article Metrics

Abstract views : 371| PDF (Bahasa Indonesia) views : 396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: