Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Hasil Belajar Kalkulus Integral Mahasiswa Pendidikan Matematika

Marfi Ario
Azmi Asra

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar materi kalkulus integral mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini merupakan quasi exsperiment dengan desain penelitian randomized control group posttest only design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah kalkulus integral sebanyak 27 orang yang terbagi dalam dua kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Mahasiswa di kelas eksperimen memperoleh pembelajaran flipped classroom, sedangkan mahasiswa di kelas kontrol memperoleh pembelajaran langsung. Data penelitian berupa hasil belajar kalkulus integral mahasiswa diperoleh melalui teknik tes dengan soal berbentuk uraian. Hasil tes menunjukkan rata-rata hasil belajar mahasiswa di kelas eksperimen adalah 74,57 dan di kelas kontrol adalah 55,83. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar materi kalkulus integral mahasiswa pendidikan matematika


Keywords


Filipped Classroom, Kalkulus Integral, Hasil Belajar

References


Ario, M. 2015. The Application of Mathematical Reasoning and Habits of Mind Through the Problem-Based Learning and Discovery Learning. Edusentris, 2 (1) : 34 - 46.

Ario, M. 2017. Profil Penguasaan Materi Matematika Sekolah Mahasiswa Pendidikan Matematika Semester VI. Aksioma, 6 (3) : 385-392.

Bioshop, J.L and Verleger, M.A. 2013. The Flipped Classroom: A Survey of the Research. Atlanta: 120th ASEE Annual Conference & Exposition.

Chandra, F.H dan Nugroho, Y.W. 2016. Peran teknologi video dalam flipped classroom. Dinamika Teknologi. 8 (1) :15 – 20.

Fahrudhin, A.G., Zulianan, E., dan Bintoro, H.S. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantuan Alat Peraga Bongpas. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1): 14 – 20.

Kurniadi, G. dan Purwaningrum, J.P. 2018. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Discovery Learning Berbantuan Asesmen Hands on Activities. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1): 8 – 13.

Kurniati, A., Muhandaz, R., dan Hamzah, F.A. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kelompok Buzz terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Suska Journal of Mathematic Education, 3 (2) : 111 – 118.

Marhamah. 2016. Kompetensi Profesional Guru Matematika. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 4. http://www.univpgri-palembang.ac.id/e_ jurnal/index.php/ prosiding/article/view/518 diakses 5 Agustus 2018.

Noviarny, D.A., Murtono, dan Ulya, H. 2018. Model Think Talk Write Berbantuan Media Monomat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1): 21 – 28.

Pharamita, W. dan Muchtar, B. 2016. Pengaruh Model Flipped Classroom dan Sikap Siswa terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 3 (1) : 37-50.

Pratiwi, A., Sahputra, R., dan Hadi, L. 2017. Pengaruh Model Flipped Classroom terhadap Self-Confidence dan Hasil Belajar Siswa SMAN 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6 (11): 1-13.

Ridha, M., Setyosari, P., dan Kuswandi, D. 2016. Pengaruh flipped mastery classroom terhadap perolehan hasil belajar kognitif mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1 (4): 655 – 661.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2477

Article Metrics

Abstract views : 3944| PDF (Bahasa Indonesia) views : 3744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: