Penerapan Pendekatan Open-Ended dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi SISWA SMP

Gida Kadarisma

Abstract


Kemampuan komunikasi matematik sangat penting dimiliki oleh siswa, namun pada kenyataannya berdasarkan penelitian kemampuan komunikasi matematik siswa masih tergolong rendah, Oleh karena itu perlu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi siswa yaitu pendekatan Open-ended. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah peningkatan kemampuan komunikasi siswa yang pembelajaranya menggunakan open-ended lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan konvensional. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas di salah satu sekolah SMP kota Bandung. Instrumen dalam penelitian ini sebanyak 4 soal uraian  komunikasi, data diolah menggunakan SPSS 21, pengolahan data gain dimulai dari menghitung gain ternormalisasi kemudian dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan rerata. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi siswa SMP yang pembelajarannya menggunakan open-ended lebih baik daripada yang menggunakan pendekatan konvensional. Dengan demikian pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. 


Keywords


Open-Ended Approach, Mathematical Communication

References


Choridah, D. T. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 194-202.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. 2014. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran pendekatan quantum learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118.

Ikhsan, M., & Rizal, S. 2014. Meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa sekolah menengah atas melalui model pembelajaran generatif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2).

Melianingsih, N., & Sugiman, S. 2015. Keefektifan pendekatan Open-Ended dan problem solving pada pembelajaran bangun ruang sisi datar di SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 211223.

Meltzer, D.E. 2002. The Relationsip Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning gains in Physics: Posisible “Hidden Variable” in Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics. 70(7).

Noviarny, D. A., Murtono, M., & Ulya, H. 2018. Model Think Talk Write Berbantuan Media Monomat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Rohaeti, EE. 2003. Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Metode Improve untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematik siswa SLTP. Tesis PPS UPI. Bandung : tidak dipublikasikan

Ruseffendi, E.T. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Senjayawati, E. 2015. Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMk di Kota Cimahi. Didaktik, 9(1), 33-39.

Shimada, S. dan Becker, J.P. 1997. (Editor) The Open-Ended Approach. A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: National Council of Teachers of Mathematics

Sumarmo, U. 2004. Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah disajikan pada Pelatihan Guru Matematika di Jurusan Matematika ITB. April 2004.

Sulianto, J. 2011. Keefektifan Model Pembelajaran Kontekstual dengan pendekatan open ended dalam aspek penalaran dan pemecahan masalah pada materi segitiga di kelas VII. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1).

Putra, F. G. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Reflektif dengan Pendekatan Matematika Realistik Bernuansa Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 203-210




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2570

Article Metrics

Abstract views : 525| PDF (Bahasa Indonesia) views : 925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: