Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Kelas IV melalui Model Open Ended Berbantuan Miniatur Rumah Adat Kudus

Yulianti Elly Lestari
Ratri Rahayu
Himmatul Ulya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa, keterampilan belajar siswa dalam mengidentifikasi hubungan antargaris menggunakan model konkret, serta mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model open ended berbantuan miniatur rumah adat Kudus siswa kelas IV SD 1 Gondosari pada semester II tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masingmasing siklus terdiri atas rencana, aksi, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan yakni soal tes pada setiap siklus, pedoman wawancara, lembar observasi keterampilan belajar siswa dan lembar observasi keterampilan mengajar guru. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa dilihat dari hasil tes koneksi matematika menunjukkan adanya peningkatan.Nilai rata-rata hasil tes kemampuan koneksi matematika siswa yang diajarkan menggunakan model open ended berbantuan miniatur rumah adat Kudus adalah sebesar 63,33 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 31,11%. Pada siklus II nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 78,18 dan persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 93,33%. Keterampilan belajar siswa dalam mengidentifikasi hubungan antargaris menggunakan model konkret pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 2,33 (cukup baik) meningkat pada siklus II menjadi 3,43 (sangat baik). 


Keywords


Mathematical Connection, the Miniature of Kudus Traditional House, Open Ended

References


Al-Absi, M. 2012.The Effect of Open-Ended Tasks –as an Assessment Tool- on Fourth Graders’ Mathematics Achievement, and Assessing Students’ Perspectives about it. Jordan Journal of Educational Sciences, 9 (3): 345-351.

Ambarwati, Tiara dan Muqdamien, Birru. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Ruang pada Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Open Ended. Primary, 08 (02), 221-232.

Anita, I. W. 2014. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP.Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Silawangi Bandung, 3 (1), 125-132.

Biliya, B. 2015. Penerapan Model Open Ended untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Repaking - Wonosegoro – Boyolali.Scholaria, 5 (1), 78- 91.

Bintoro, H. S. dan Zuliana, E. 2013. Pembelajaran Matematika Materi Luas Trapesium Dengan Pendekatan Luas Persegi Panjang Menggunakan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berkonteks Rumah Adat Kudus. Dimuat dalam prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret. Universitas Sebelas Maret. Solo, Maret 2013.

Darmayanti., Putra dan Suara. 2014. Model Open Ended Berbasis Reirforcement Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 18 Dangin Puri Denpasar Utara. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1).

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Feronita, A., Harnanik, dan Marimin. 2015. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Lingkungan Keluarga Terhadap Belajar Siswa. Economic Education Analisys Journal, 4 (2): 256-263.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Kumalasari, A. dan Putri, R. O. P. E. 2013.Kesulitan Belajar Matematika Siswa ditinjau dari Segi Kemampuan Koneksi Matematika.Prosiding seminar nasional matematika dan pendidikan matematika. Universitas Negeri Yogyakarta,7-14.

Mardiah, M., Widyastuti, R., dan Rinaldi, A. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Model Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1 (2): 119-126.

Maryati, I. dan Priatna, N. 2017. Integrasi NilaiNilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Mosharafa, 6 (3): 333-344.

Mullis dkk. 2015. TIMMS 2015 International Result in Mathematics. (pdf). (timss2015.0rg. pdf, diakses tanggal 2 November 2017).

Noviarny, D. A., Murtono, dan Ulya, H. 2018. Model Think Talk Write Berbantuan Media Monomat Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1): 2128.

Nugroho, A. A. dkk. 2017. Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2): 197-203.

Rahmawati. 2016. Hasil TIMSS 2015. (Online), (http://puspendik.kemendikbud.go.id/semi nar/upload/RahmawatiSeminar%20Hasil %20TIMSS%202015.pdf, diakses tanggal 3 November 2017).

Sari, L. N. I., Syahputra, E. dan Asmin.2015. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Open Ended di SMP Muhammadiyah 03 Medan.Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 12 (1): 1-11.

Sumarmo, U. 2013. Berpikir dan Disposisi Matematika serta Pembelajarannya. Bandung: FPMIPA – UPI.

Ulya, H. 2016. Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Membangun Karakter Cinta Tanah Air dan Kreativitas Belajar Matematika.Prosiding Seminar Nasional Psikologi Universitas Muria Kudus, 2939.

Ulya, H. dan Rahayu, R. 2017. Increasing Primary School Students’ Attitude Toward Mathematics Through The Implementation Of Treffinger Learning Using Dakon Game. International Conference On Education, 1 (01): 1-7.

Ulya, H. dan Rahayu, R. 2018. Analisis Kebutuhan Perangkat Pembelajaran Open Ended Berbasis Keunggulan Lokal Kudus untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global”, 172177.

Ulya, H. dan Rahayu, R. 2018.Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Open-Ended Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2 (2): 183-194.

Yuliani, I., Kanzunnudin, M., dan Rahayu, Ratri. 2018. Penerapan Model Creative Problem Solving Berbantuan Media Bongkar Pasang untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematika. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1): 2936.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2660

Article Metrics

Abstract views : 278| PDF (Bahasa Indonesia) views : 284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: