Analysis of Mathematical Problem-Solving Skills and Student Process Skills in Problem-Based Learning

Ahmat Wakit
R. Hadapiningradja Kusumodestoni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui karakteristik pembelajaran matematika dengan problem based learning pada kurikulum 2013, dan 2) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika dan keterampilan proses siswa pada pembelajaran dengan model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed method dengan concurrent embedded design yaitu penggabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan secara bersama-sama. Dalam penelitian ini, penelitian kualitatif sebagai metode primer sedangkan penelitian kuantitatif sebagai metode sekunder. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII MTs PB Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara sebanyak 37 siswa. Keterampilan proses siswa yang diamati meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan membentuk jejaring/ mengkomunikasikan. Hasil Penelitian ini menunjukkan (1) perangkat pembelajaran dengan model problem based learning pada kurikulum 2013 efektif karena memenuhi uji ketuntasan pada kelas eksperimen dan uji banding yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika kelas eksperimen lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol, (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen meningkat setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem based learning dan keterampilan proses siswa dalam mengikuti pembelajaran pada kurikulum 2013 mengalami peningkatan secara signifikan.   


Keywords


Mathematical problem solving skills, student process skills, problem-based learning

References


‘Ula, I.,D et.al. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Anargya: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No.1.

Ari, A., A. & Katrancı Y. (2014) Procedia - Social and Behavioral Sciences 116. 1826-1831.

Bradshaw, Z. & Hazell, A. (2017) "Developing problem-solving skills in mathematics: a lesson study", International Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 6 Issue: 1, pp.32-44.

Davidson, N., & Major, C. H. (2014). Boundary crossings: Cooperative learning, collaborative learning, and problem-based learning. Journal on Excellence in College Teaching, 25 (3&4), 7-55.

Häkkinen, P., Järvelä, S., Mäkitalo-Siegl, K., Ahonen, A., Näykki, P., & Valtonen, T. (2017). Preparing teacher-students for twenty-first-century learning practices (PREP 21) : a framework for enhancing collaborative problem-solving and strategic learning skills. Teachers and Teaching: Theory and Practice, 23 (1), 25-41.

Kamaruddin SA. (2012). Character Education and Students Social Behavior. Journal of Education and Learning. Vol.6 (4) pp. 223-230.

Karatas, I & Baki, A. (2017). The Effect of Learning Environments Based on Problem Solving on Students’ Achievements of Problem Solving. International Electronic Journal of Elementary Education, 2013, 5(3), 249268.

Polya, G. 1973. How To Solve It “A New Aspect Of Mathematical Method” Second Edition. USA: Princeton Univesity Press.

Savery, J. R. (2006). Overview of Problem-based Learning: Definitions and Distinctions.Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1(1). Available at:https://doi.org/10.7771/15415015.1002.

Servant & Miklos (2018) The Harvard Connection: How the Case Method Spawned Problem-Based Learning at McMaster University. Health Professions Education.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2683

Article Metrics

Abstract views : 558| PDF (Bahasa Indonesia) views : 352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: