Penerapan Contextual Teaching and Learning Berbantu Blok Pecahan untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa

Pujiati Pujiati
Mohammad Kanzunnudin
Savitri Wanabuliandari

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) untuk peningkatan keterampilan mengajar guru, (2) untuk peningkatan aktivitas belajar siswa, (3) untuk peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Lokasi dalam penelitian ini ialah SD 3 Gemulung Jepara. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes kemudian data dianalisis dengan teknik analisis data kuantitatif deskriptif dan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata keterampilan mengajar guru dari siklus I 2,27 (cukup baik) meningkat pada siklus II 3,21 (baik). Aktivitas belajar siswa dari siklus I 2,10 (cukup baik) meningkat pada siklus II menjadi 2,57 (baik). Kemampuan pemahaman konsep siswa pada pre-test hanya mencapai 53% meningkat pada siklus I menjadi 68% dan  terus meningkat pada siklus II menjadi 84%. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantu blok pecahan pada siswa kelas IV SDN 3 Gemulung berhasil


Keywords


Contextual Teaching and Learning, Block Pecahan, Understanding the concept

References


Afrilianto, M. 2012. Peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis siswa SMP dengan pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity, 1 (2): 192-202.

Akmil,A.R., Armiati, & Yusmet. 2012. Implementasi CTL dalam meningkatkan Pemahamn Konsep Matematika Siswa. Jurnal pendidikan, 1 (1): 24-29.

Annajmi. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP melalui penemuan terbimbing berbantu software geogebra. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2 (1): 1-9.

Dharma, I.M.A., Suarjana, I. M., & Suartama, I, K. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada Siswa Kelas IV Tahun Pelajaran 2015/206 di SD Negeri 1 Banjar Bali. E-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4 (1): 142-149.

Djamarah, S. B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Halimah, I.N. 2013. Penggunaan Media Blok Pecahan Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Bilangan Pecahan Sederhana Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Jatisrono Tahun Ajaran 2012/ 2013 (Skripsi). Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Handayani. H. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, I (1): 142-149.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. 2016. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal pendidikan Matematika. 4 (1): 76-85.

Mukrimatin, N.A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. 2018. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1): 6871.

Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1 (1): 37-41.

Purwasih, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Peserta didik Mts Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9 (1): 16-25.

Riyanto, Y. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Rusyda,N.A., & Sari, D. S. 2017. Pengaruh Penerapan Model Contextual teaching and Learnin terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1 (1): 150-162.

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Solihatin, E. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta : Bumi Aksara

Sukajati. 2008. Pembelajaran Operasi Penjumlahan Pecahan di SD Menggunakan Berbagai Media. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan pemberdayaan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan matematika.

Susanto. A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta; Kencana.

Verowita, W. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 48-51

Wanabuliandari. S., Sekar, D.A., & Rahardjo, S. 2016. Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan perilaku Kepedulian Terhadap Lingkungan. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 5 (2), 34-41.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2713

Article Metrics

Abstract views : 559| PDF (Bahasa Indonesia) views : 762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: