Penerapan Model Jigsaw Berbantu Permaianan Ultra 3D untuk Peningkatkan Pemahaman Matematis

Titin Safitri
Sucipto Sucipto
Henry Suryo Bintoro - [ http://orcid.org/0000-0003-2327-3661 ]

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran, dan menemukan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan permainan ular tangga tiga dimensi (ULTRA 3D) pada sifat-sifat bangun datar pada kelas III SD N 3 Ngeling. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas III SD N 3 Ngeling dengan subjek penelitian 28 siswa dan peneliti sebagai guru. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada materi sifat-sifat bangun datar yang signifikan yang mencapai rata-rata presentase antara siklus I (71,43%) dan siklus II (82,14%). Rata-rata aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari skor rata-rata 2,31 dengan kriteria cukup baik pada siklus I, mengalami peningkatan menjadi 2,53 pada siklus II dengan kriteria baik. Hasil keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan dari skor rata-rata 3,07 dengan kriteria baik, meningkat menjadi skor rata-rata sebesar 3,35 pada siklus II dengan kriteria sangat baik 


References


Ani, A. Maulana, M. Sunaengsih, Cucun. 2017. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbasis Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 2. No. 1. Hal 971-980.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali.

Djamarah, syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Fahrudhin, A.G., Zuliana. E., Bintoro, H.S. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika: ANARGYA. Vol. 1, No. 1. Hal 1 – 71.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Arruzz Media.

Fauziyah, Priliyani. Maulana, M. Jayadinata, Asep Kurnia. 2017. Pengaruh Penggunaan Media “Segar” dan Permainan “Basis” pada Pendekatan Konttekastual untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 2. No. 1. Hal 911-920.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Lestari, KA. Yudhanegara, MR. 2015. Penelitian Pendidikan (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT Refika Aditama.

Nasruddin. Abidin, Zainal.2017. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa SMP. Journal of Educational Science and Technology. Vol. 3, No. 2. Hal 113 – 121.

Puri, DAA. Lestari, Lies. Atmojo, IRW. 2017. Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Bangun Ru- Ang Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria. Vol. 5, No. 8. Hal 1- 8.

Soegiato, dkk. 2011. Pendidikan Pancasila. Semarang: Pusat Pengembangan MKU-MKDK UNNES.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widayanti, Lilis. Hakim, Lukman. 2017. Pembelajaran Kooperatife Tipe Jigsaw sebagai Upaya Pendidikan Karakter pada Mata Kuliah Operation Research (Cooperative Learning Of Jigsaw Type As Efforts Of A Character Education On Operation Research Lecture). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol. 2. No. 1. Hal 78-89.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2714

Article Metrics

Abstract views : 353| PDF (Bahasa Indonesia) views : 548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: