Meningkatkan Pemahaman Nilai Profetik melalui Konsep Integrasi Pembelajaran Model Matematika

Saiful Marom

Abstract


Pemahaman Nilai profetik sangat penting untuk dimiliki mahasiswa untuk masa depan bangsa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan integrasi pembelajaran matematika dengan Al-Quran untuk meningkatkan pemahaman nilai profetik mahasiswa program studi Tadris Matematika di IAIN Salatiga. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling menggunakan kuesioner. Kuesioner penelitian dikembangkan berdasarkan sintesis dari Revised Life Orientation Test (LOT-R). Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif dengan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran matematika dengan al-Qur'an dapat meningkatkan pemahaman nilai profetik mahasiswa secara signifikan. Uji t antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan perbedaan 71,74% (kelompok eksperimen 77,8%, sedangkan kelompok kontrol 6,06%) dalam peningkatan pemahaman nilai profetik.


Keywords


integration learning, mathematic model, humanism, liberation, trenasendence.

References


Asfaw, T. M. 2009. Dynamics of generalized time dependent predator-prey model with nonlinear harvesting, International Journal. Mathematic Analysis, 3, 1473– 1485.

Bell, Frederick H. 1981. Teaching and Learning mathematics (in secondary schools). Wm. C. Brown Company. IOWA.

Birkhoff, H. and Rota, G.C. 1989.Ordinary Differentials Equations, 4th Edition, John Wiley & Sons, Inc, New – York.

Facrudhin GA, Zuliana E, dan Bintoro HS, 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantuan Alat Peraga BONGPAS. Anargya Jurnal Pendidikan Matematika UMK Kudus. (1): 15-20.

Kuntowijoyo. 2001. Muslim Tanpa Masjid. Mizan. Bandung.

Lickona T. 1992. Educating for Character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility . Bantam Books. New York.

Scheier MF, Carver CS, and Bridges MW 2004. Distinguishing optimism from neuroticism (and trait anxiety, self-mastery, and selfesteem): a reevaluation of the Life Orientation Test. J. of Personality and Social Psychology.IOWA

Zuchdi, D. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan. UNY Yogyakarta, (2) : 1-9.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i2.2797

Article Metrics

Abstract views : 276| PDF (Bahasa Indonesia) views : 375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: