Pembelajaran Matematika bagi Santri Pondok Pesantren Berbasis Kecerdasan Majemuk


Abstract


Matematika, penting dipelajari. Tidak hanya oleh siswa di sekolah umum saja, melainkan juga para santri yang sedang belajar di pondok pesantren. Matapelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik sejak usia dini untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Beberapa ilmu yang dipelajari para santri di pondok pesantren jelas membutuhkan ilmu matematika. Dalam sejarah pendidikan di Indonesia, pondok pesantren telah terbukti memberikan pengaruh yang positif terhadap pembangunan nasional dalam bidang pendidikan. Santri pondok pesantren dituntut untuk mampu mengintegrasikan "standar isi" pesantren (ilmu-ilmu agama) dan sains kealaman (natural sciences), yang termasuk di dalamnya adalah ilmu matematika. Namun, tidak semua santri mendapatkan kesempatan belajar matematika secara menyenangkan. Padahal, dalam paradigma kecerdasan majemuk, pada hakikatnya setiap individu (termasuk santri) itu memiliki kecerdasan matematik dengan derajat kecenderungan yang bervariasi. Kecerdasan majemuk ini sebagai modalitas belajar dan mempengaruhi kualitas penyelenggaraan pembelajaran matematika. Oleh karena itu, pendidik matematika di pondok pesantren perlu melakukan upaya perbaikan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran matematika sehingga dapat memfasilitasi berbagai kemudahan dan kenyamanan santri dalam belajar matematika

Keywords


Mathematics, Boarding School, Multiple Intelligences

References


Abdussakir dan Rosimanidar. 2017. Model Integrasi Matematika dan Al-Quran serta Praktik Pembelajarannya. Makalah Seminar Nasional Integrasi Matematika di dalam AlQuran dengan Tema ―Build a Competitive and Intellectual Young Mathematician Through Mathematics Competition and Integrating Islamic Values in Mathematics Learning‖ oleh HMJ Pendidikan Matematika IAIN Bukittinggi, tanggal 26 April 2017.

Abdussakir. 2007. Ketika Kyai Mengajar Matematika. Malang: UIN-Maliki Press

Asari, Abdur Rahman. 2017. Pembelajaran Matematika Qur'ani. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Matematika di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tanggal 06 Mei 2017.

Awan, Noor Muhammad. 2009. ―Quran and Mathematics-I‖. Jihat al-Islam Vol. 3 (JulyDecember 2009) No.1

Dannenhoffer, Joan V. and Radin, Robert J. 1993. Using Multiple Intelligence Theory in the Mathematics Classroom (Session 1265). Ward College of Technology at the University of Hartford

Dhofier, Zamakhsyari. 1983. Tradisi Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Djamaludin dan Abdullah Aly. 1998. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Fathani, Abdul Halim. 2017. Integrasi Ilmu: Perspektif Al-Ghazali dalam Analisis Logika Fuzzy. Malang: Genius Media.

Fathani, Abdul Halim. 2017. Matematikawan Ulul Albab: Membumikan Matematika dalam Dimensi Spiritual, Teoretis, dan Aplikatif. Dalam Mistar, Junaidi (Editor), Antologi Pemikiran Pendidikan Karakter (hlm. 285294). Jakarta: Nirmana Media

Gardner, Howard. 1993. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: BasicBooks.

Karcher, Manfred Oepon Walfgang. 1988. Dinamika Pesantren. Jakarta: P3M.

Marom, Saiful. 2018. Meningkatkan Pemahaman Nilai Profetik Melalui Konsep Integrasi Pembelajaran Model Matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.1 No.2 Oktober 2018. 136-140.

Munro, John. 1994. Multiple Intelligences and Mathematics Teaching. Paper Presented at the Annual Conference of the Australian Remedial Mathematical Education Association Melbourne, January 1994.

Musrifoh, T. 2008. Cara Cerdas Belajar Sambil Bermain. Bandung: PT. Grasindo.

Oktavika, Devi Anggraini. Jeffrey Lang: Takjub dengan Alquran, Profesor Matematika itu Memeluk Islam. Harian Republika, 30 April 2012. (Online) https://www.republika.co.id/berita/duniaislam/mualaf/12/04/30/m39ldz-jeffrey-langtakjub-dengan-alquran-profesor-matematikaitu-memeluk-islam. Diakses 10 Oktober 2018.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3043

Article Metrics

Abstract views : 1757| PDF (Bahasa Indonesia) views : 2395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: