Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa

Anisa Meisura
Risnawati Risnawati
Zubaidah Amir MZ

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti strategi metakoginitif dengan siswa yang mengikut pembelajaran konvensional, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah serta melihat ada tidaknya interaksi antara strategi metakognitif dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain  The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap MAN 1 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. sampel diambil secara purposive sampling adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1 menggunakan uji-t sedangkan untuk hipotesis 2 dan 3 menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t hipotesis 1 menunjukkan t hitung = 3.309 t tabel = 1.9977. sehingga dapat disimpulkan  terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah menunjukkan F(B)hitung = 40.45 lebih dari F(B)table = 3.15 dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah. Sedangkan interaknsi F(A×B)hitung = 0.47 lebih dari F(A×B)tabel = 3.15  sehingga dapat ditunjukan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi metakognitif dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa


Keywords


problem solving ability, metakognitif strategy, learning independence

References


Arum, R. P. 2017. Deskripsi Kemampuan Metakognisi Siswa Sma Negeri 1 Sokaraja Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Alphamath, 3 (1).

Delina, Sri dkk. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Paradikma, 8 (3)

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Eviliyanida. 2010. Pemecahan Masalah Matematika. 1 (2)

Fatimah, A. E. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1).

Hendriana, H. dan Utari S. 2014. Penilian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Adiatama.

Hendriana, H dkk. 2017. Hard Skill Dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Adiatama.

Hudojo, H. 1990. Strategi Pembelajaran Matemaika.Malang: IKIP Malang

Husamah dan Yanur S. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Lai, Emily R. 2011. Metaconoyion: A Literature Review. Diakses 04 April 2018 (http://www.pearsonassesments.com/)

Lestari, K. E. dkk. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika, Bandung: Rafika Adiatama.

Mawaddah, S dan Hana A. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidkan Matematika. 3(2)

OZSOY, Gokhan Aysegul ATMAN. 2009. The effect of Metacognitive strategi on mathematical problem solving achievement. Internasional Electronic Journal Of Elementaru Education, 1 (2).

Prasetyoningrum, F. D. 2017. Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII di Smp Negeri 6 Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Matematika, 6, (4)

Riduwan. 2010. Belajar Mudah (Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula). Bandung:Alfabeta.

Risnawati dkk. 2016. Pengembangan Lks Pemecahan Masalah Kaidah Pencacahan dengan pendekatan Metakognitif Untuk Sma Kelas XI. JPPM, 9 (1).

Salvin, R. E. Psikologi Pendidika: Teori dan Praktek Jilid 2.Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur . Jakarta: Kencana.

Santrock, J W. 2011. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana 47.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: JICA UPI.

Suratmi, G. S. P.. 2017. Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2): 183

Suryabata, Sumad. 2015. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Yamin, Martinis. 2003. Strategi & Metode dalam Model Pembeajaran.Jakarta: GP Press Group.

Zakaria, Effandi dkk. 2007. Trend Pengajaran dan Pembelajaran. Kuala Lumpur:PrinAD SDN BHD.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3146

Article Metrics

Abstract views : 1051| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: