Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Integral Berbasis Maple untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa

Yusak I. Bien
Farida Daniel
Prida N. L. Taneo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kevalidan buku ajar kalkulus integral berbasis maple; (2) keefektifan buku ajar yang telah dirancang terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis mahasiswa; (3) kepraktisan buku ajar yang telah dirancang terhadap peningkatan pemahaman konsep matematis mahasiswa.  Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan desain pengembangan model Plomp yang terdiri dari lima tahapan berupa (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi, (5) implementasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika STKIP Soe semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang mengambil mata kuliah kalkulus integral yang terdiri dari 2 (dua) kelas yakni kelas eksperimen terdiri dari 14 orang dan kelas kontrol yang terdiri dari 15 orang. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan uji t sampel independen dan skor gain normalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar kalkulus integral berbasis maple valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Afgani, M.W. 2016. Pemecahan Masalah dan Menanam Pemahaman Konsep Matematika melalui Software Maple. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2 (1): 85-103.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Andriani, S. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Kalkulus melalui Program Maple untuk Meningkatkan Penalaran dan Representasi Mahasiswa. Atikan, 2 (2): 295-312.

Creswell, J.W. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Fahrudin, A.G., Zuliana, E., Bintoro, H.S. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga. Anargya: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1): 14-20.

Fitria, M., Arnawa, M., Lufri. 2014. Pengembangan Modul Aljabar Linear Elementer bernuansa Konstruktivisme berbantuan ICT. Jurnal Eksakta, 1: 3442.

Hake, R, R. 1999.Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methodology.

Mudlofir, Ali. 2011. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mukhtar. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung FMIPA Unila, 353- 360.

Nuranisa, R. A., Nu’man, M., Arfinanti, N. 2015. Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Group Invesigation dalam Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematika. Seminar Nasional dan Pendidikan Matematika UNY, ISBN. 978-602-73403-0-5, 697-704.

Paradesa, R., Zulkardi dan Darmawijoyo. 2010. Bahan Ajar Kalkulus 2 menggunakan Macromedia Flash dan Maple di STKIP Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1): 95109.

Purnomo, E. A., Fathurohman, A., Budiharto. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Ideal Problem Solving berbasis Maple Matakuliah Kalkulus II. JKPM, 1 (2): 7-11.

Purnomo, E. A., Rohman, A. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (PBL) berbasis Maple Matakuliah Kalkulus Lanjut II. The 2nd University Research Coloquium. ISSN 24079189, 164-172

Rochmad. 2012. Desain Model Pemngembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3 (1): 59-72.

Sabri, H. Ahmad. 2007. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat :Quantum Teaching.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Suhandri. 2016. Implementasi Program Aplikasi Maple untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Suska Journal of Mathematics Education, 2 (1): 57-66.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Qodaryah, E., Ismai, A. D. 2012. Pembelajaran Kalkulus dengan Bantuan Maple. Jurnal Humanity, 8 (1): 144-154.

Wardhani, S. 2010. Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika


Article Metrics

Abstract views : 59| PDF views : 33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed:

     

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: