Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ada tiga yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar matematika siswa; dan 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script terhadap kelompok minat belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Kecamatan Tirtayasa-Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Hasil penelitian diketahui bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar matematika siswa; dan 3) Model pembelajaran ARIAS dan Cooperative Script memberi pengaruh positif terhadap minat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardi, R.S, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dengan Pendekatan CTL Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Padang. Jurnal Pendidikan, 63(1): 63-69
Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S.B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Matematika Buku 3. Jakarta: Depdiknas
Hakim, L. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Heyneman, S. P., & Lee, B. 2016. International Organizations and The Future of Education Assistance. International Journal of Educational Development, 9-22.
Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slavin, R.E., 2006. Accommodating student diversity in reading and writing instruction: a cooperative learning approach, Journal of Technology Education, 18 (1): 52-55
Sumiati, dan Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Susiloyoga, J. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menentukan Peluang Suatu Kejadian dengan Model Pembelajaran Kooperative Script pada Siswa Kelas IXIPA 3 SMA Negeri 2 Madiun. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 39-62.
Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i1.3460
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: