Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SD

Armiyanti Armiyanti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada pembelajaran matematika realistic (PMR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD 4 Karangmalang, Gebog, Kudus Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 26 siswa terdiri. Prosedur penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. PTK dilakukan melalui 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan angket. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan antara aktivitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model PMR dengan aktivitas belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional; (2) terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model PMR dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. 


Keywords


Realistic Mathematics Learning, Learning Activities, Students Learning Outcomes

References


Anni, C. T. 2011. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Depdikas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati dan Mujiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda

Hernawan, Herry Asep, dkk. 2007. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Lazuardi, M. A., Sugiarti, T. dan Agustiningsih, 2017. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Trapesium dan Layang-layang. Jurnal Edukasi, IV (3): 15-19.

Nurwidayanti, Siamsih. 2012. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika dengan pembelajaran matematika realistik (PMR) untuk siswa kelas V SD N Malangrejo Ngemplak Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Dinduh 4 April 2019. https://eprints.uny.ac.id/15033/1/Siamsi h%20Nurwidayanti%2809108247071% 29.pdf

Slameto. 2012. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Balai Pustaka: Jakarta.

Widyaningrum, R. 2011. Tahapan J. Bruner dalam Pembelajaran Matematika pada Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Sekolah Dasar (SD/MI). Jurnal Cendekia, 9(1): 65-80.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha II. Pascasarjana Universitas Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3904

Article Metrics

Abstract views : 99| PDF (Bahasa Indonesia) views : 83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: