Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Materi KPK dengan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining bagi Siswa Kelas VI

Yatimah Yatimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi KPK melalui dengan model pembelajaran student facilitator and explaining. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD 3 Tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017dengan jumlah siswa 14 terdiri dari 5 siswa putra dan 9 siswa putri. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1 dan 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran student facilitator and explaining. Hasil penelitian ini menunjukkan antara lain: (1) aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 13, dari kondisi awal 65 menjadi 78 pada kondisi akhir; (2) hasil belajar siswa meningkat sebesar 19, dari kondisi awal 61 menjadi 80 pada kondisi akhir.


Keywords


Student facilitator, Explaining, Least common multiple.

References


Anitah W. Sri, ddk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karso, dkk. 2012. Pendidikan Matematika 1. Tangerang: Universitas Terbuka.

Shoimin, Aris. 2014. “68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013”. Yoyakarta:Ar-ruzz Media.

Susanto. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Grup: Jakarta.

Sutikno. 2013. Penerapan metode student facilitator and explaining untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan hasil belajar matematika kelas IV MI Karangkonang.http://eprints.ums.ac.id/ 26995/9/2_PUBLIKASI_KARYA_ILM IYAH.pdf

Suwito. 2013. Peningkatan prestasi belajar matematika materi FPB dan KPK melalui student facilitator and explaining (SFAE) di kelas VI SD N 2 Sukorame Gandusari Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun 2013/2014.http://jurnalpendidikanprofe sional.com/index.php/JPP/article/downl oad/145/pdf_85

Trianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifistik: Konsep Landasan Teoritis, Praktis dan Implementasinya, Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3943

Article Metrics

Abstract views : 141| PDF (Bahasa Indonesia) views : 87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: