Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Tentang KPK dengan Model Pembelajaran Card Sort Berbantu Media Kartu Bilangan

Sutopo Sutopo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika tentang KPK dengan model pembelajaran card sort berbantu media kartu bilangan bagi siswa kelas V SD 1 Payaman, Mejobo Kudus Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjeknya adalah siswa kelas V SD 1 Payaman, Mejobo Kudus Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari laki-laki 9 dan perempuan 18. Penelitian terdiri dari dua siklu, dan masing-masing dilakukan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, catatan lapangan. Instrumen penelitian menggunakan tes dan paduan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan berrdasarkan serangkaian tindakan pada siklus I dan siklus II dengan penerapan model pembelajaran card sort berbantu media kartu bilangan dapat meningkatkan: (1) Aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat 12 poin dari kondisi awal 65 dankondisi akhir 77; (2) Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar yang ditunjukkan dengan rata-rata siswa meningkat 16 poin, dari kondisi awal 65 dan kondisi akhir mencapai 81.

Keywords


Card Sort, Card Number, Activities And Learning Outcomes

References


Adjie, N, & Maulana. 2010. Pemecahan Masalah Matematika. UPI Press. Bandung.

Anitah W. Sri, ddk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta:Universitas Terbuka.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

BSNP. 2006. Standar Isi. Jakarta: BSNP.

Darsono, M. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Doman, G, & Doman, J. 2005. How To Teach Your Baby Math Bagaimana Mengajar Bayi Anda Matematika Sambil Bermain.Jakarta: TM Press.

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara. Ismail, A. 2010. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Ismail, A. 2010. Education Games Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Isnaeni, N. F. 2013. Penggunaan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Debong Tengah 1 Tegal.

https://lib.unnes.ac.id/17341/1/1401409066.pdf

Mentari. 2015. Penerapan model active learning tipe card sort untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Jurang Ubung. http://digilib.unila.ac.id/22290/3/SKRIPSI%2 0TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Rifa’i, A & Anni, C. T. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Silberman, M. 2013. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Penerjemah: Sarjuli. Yogyakarta: Insan Madani.

Subarinah, S. 2010. Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Depdiknas. Jakarta.

Uno, H, & Mohamad, N. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uzer, U. M. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Zaini, H. 2008. Strategi Pembelajran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3945

Article Metrics

Abstract views : 624| PDF (Bahasa Indonesia) views : 655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: