Penerapan Model Cooperatif Script sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD 4 Karangmalang

Siti Rosiah

Abstract


Permasalahan di SD 4 Karangmalang yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika materi operasi hitung campuran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar matematika tentang operasi hitung campuran dengan model pembelajaran cooperatif script, dan (2) meningkatkan hasil belajar matematika tentang operasi hitung campuran dengan model pembelajaran cooperatif script. Penelitian tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas VI SD 4 Karangmalang semester I Tahun 2017/2018 dengan jumlah siswa 13 terdiri dari 9 siswa putra dan 4 siswa putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada siklus 1 dan 2 tindakan yang dilakukan dengan model pembelajaran cooperatif script. Hasilnya, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan dengan metode ini berhasil meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa meningkat pada kondisi awal 70,77 siklus 1 mencapai 74,42 kemudian meningkat menjadi 77,31 pada siklus 2, terjadi peningkatan sebesar 6,54. Hasil belajar siswa juga meningkat, pada kondisi awal 63,85 siklus 1 mencapai 69,23 kemudian meningkat menjadi 80 pada siklus 2 sehingga terjadi peningkatan sebesar 16,15.


Keywords


Cooperatif Script, Arithmetic Operations

References


A’la, Miftahul. 2011. Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press.

Daryanto, 2013. Strategi dan Tahap Mengajar Bekal Keterampilan Dasar Bagi Guru. Bandung: Yrama Widya.

Fardila, E. 2013. Pengaruh Strategi Cooperative Script dengan Media Gambar terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII MTS Al Raisiyah Sekarbela Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Sains, 2 (2): 76-81.

Hajaryanti dan St. Kuraedah. 2018. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agamai Islam Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script. Jurnal Al-Ta’dib, 11 (1): 154-170.

Hamadi, H. 2009. Metode Pembelajaran Skrip Kooperative (Cooperative Script). Bandung: Pusat Ilmu.

Hasanah, N. 2013. Perbandingan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Cooperative Script dan Artikulasi Materi Gerak Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (3): 1-12.

Hasnibeti. 2017. Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Mata Pelajaran Matematika. Sura Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3 (3): 427-436.

Hidayat, R. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPNegeri 1 Makassar. Jurnal Pendidikan Biologi. 1 (2): 1-7.

Hidayatulloh. 2016. Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Script Dengan Model Pembelajaran Cooperative SQ3R Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3 (2): 1-20.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

O’Donnell, A. M. 2006. The Role of Peers and Group Learning. In P.A. Alexander & P.H. Winne (Eds.), Handbook of Educational Psychology (2nd ed., pp. 781-802). Mahwah, NJ: Erlbaum.

O'Donnell, A.M. 2006. The Role of Peers and Group Learning. In P. A. Alexander & P. H. Winne (Eds.), Handbook of educational psychology (pp. 781-802). Mahwah, NJ, US: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Puryanti, E. dan Maryamah. 2015. Penerapan Metode Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Kabupaten Oku Timur. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI). 1 (2): 303-330.

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembalajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Rozi, Z.F., Harmoko, dan Teresa, F.L. 2018. Pengaruh Model Cooperative Script Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (BIOEDUSAINS), 1 (1): 23-33.

Saefudin, A.A. 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal AlBidayah, 4 (1): 37-48.

Salamiah. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Materi Menyimak Cerita Siswa Kelas VI SD Negeri 020 Tembilahan Hilir. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1 (1): 110.

Sani, R.A. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, R.E. 2014. Cooperative Learning and Academic Achievement: Why Does Groupwork Work?. Anales de Psicología, 30 (3): 785-791.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Al-Gensindo Offset.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.3949

Article Metrics

Abstract views : 411| PDF (Bahasa Indonesia) views : 515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

gs    

 JournalStories Main logo

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: