Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Edy Suprapto
Davi Apriandi
Inayah Putri Pamungkas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-Book interaktif berbasis animasi bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK YP 17-1 Madiun. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadopsi dari model pengembangan 4D dan dilaksanakan sampai pada tahap ketiga, yaitu define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah lembar validasi media, angket respon dan tes hasil belajar. Berdasarkan uji coba media di lapangan, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Media yang dikembangkan sangat valid (baik) dengan hasil rata-rata angket validasi media oleh pakar sebesar 97,92%. 2) Media Pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis, dengan mendapatkan respon yang sangat baik dimana rata-rata angket sebesar 92,12% yang memberikan respon positif, 3) Media E-Book interaktif yang dikembangkan cukup efektif, dimana ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 87,19%. Dari hasil tersebut, menunjukkan bahwa media EBook interaktif berbasis animasi yang dikembangakan sangat layak untuk digunakan dalam menunjang kegiatan pembelajaran di kelas

Keywords


Media Pembelajaran, E-Book Interaktif; Animasi

References


Akhmadan, W. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang , 2 (1): 27-40.

Alwan, M. 2018. Pengembangan Multimedia EBook 3D Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal At-Tadbir. 1 (2): 26-40.

Anggraeni, N. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan AdobeFlash CSS Untuk SMK Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menguraikan Sistem Informasi Manajemen (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Eskawati, S. Y. & Sanjaya, I G.M. 2012. Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Sifat Koligatif Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas XII IPA. Unesa Journal of Chemical Education. 1 (2). ISSN: 2252-9454

Hamzah, A. & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Hidayat, A.; Suyatna, A; Suana, W. 2017. Pengembangan Buku Elektronik Interaktif pada Materi Fisika Kuantum Kelas XII SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 5 (2): 87101.

Kindrat, A. N. & Osana, H. P. 2018. The Relationship Between Mental Computation and Relational Thinking in The Seventh Grade. Fields Math Educ J. 3:6

Lestari, R. T.; Adi E. P.; Soepriyanto, Y. 2018. EBook Interaktif. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 1 (1): 71-75

Masykur R, Nofrizal, Muhamad Syazali. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. AlJabar: Jurnal Pendidikan Matematika. 8 (2): 177 – 186

Nursalam. 2003. Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.Restiyowati, I dan Sanjaya, I G.M.. 2012. Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA. Unesa Journal of Chemical Education, 1 (1). ISSN: 2252-9454

Rohmah Y.S. 2016. Efektivitas Penggunaan EBook Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa (Skripsi). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Rosida; Fadiawati, N; Jalmo, T. 2017. Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif Dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (1): 35-45

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tanrere, S. M. 2012. The Development Of Chemo Editainment Media Through Macromedia Flash MX Software For Chemistry Science Instruction At Junir Secondary School. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 18 (2): 156-162.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Prenada Media Group.

Triwiyanto, T. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089

Article Metrics

Abstract views : 401| PDF (Bahasa Indonesia) views : 309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: