Penerapan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMA

Adi Nurjaman
Indah Puspita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Problem-Based Learning dibandingkan dengan yang menggunakan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat sedangkan sampel dipilih dua kelas XI SMAN di Ngamprah. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian yang terdiri dari lima butir soal dengan indikator kemampuan berpikir kreatif matematik. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan uji statistik (uji-t). Adapun hasil penelitiannya adalah 1) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang pembelajaranya menggunakan pendekatan ProblemBased Learning lebih baik daripada siswa SMA yang menggunakan pembelajaran biasa, dengan kategori untuk kemampuan berpikir kreatif sedang. 2) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMA yang pembelajaranya menggunakan pendekatan Problem-Based Learning lebih baik daripada siswa SMA yang menggunakan pembelajaran biasa, dengan kategori untuk kemampuan berpikir kreatif sedang.

Keywords


PBL, Kreatif Matematik

References


Arief, H. S., & Sudin, A. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1) : 141–150.

Ayuni, R., Firmansyah, D., Senjayawati, E., & Maya, R. 2018. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan pada Materi Lingkaran. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 2(2), 139-148.

Barrows, H. S., & Tamblyn, R. M. 1980. Problem-based learning: An Approach to Medical Education. New York: Springer Publishing Company.

Firdaus, F., As' ari, A. R., & Qohar, A. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open Ended Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 227236

Hosnan, M. 2014. Scientifict and Contextual Approach in 21’st Century Learning. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad, 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Lince, R. 2016. Creative thinking ability to increase student mathematical of junior high school by applying models numbered heads Together. Journal of Education and Practice, 7(6) : 206–212.

Nurjaman, A., & Sari, I. P. (2017). The Effect Of Problem Posing Approach Towards Students’ Mathematical Disposition, Critical &Amp; Creative Thinking Ability Based On School Level. Infinity Journal, 6(1) : 69.

Rohaeti, E. E., Nurjaman, A., Sari, I. P., Bernard, M., & Hidayat, W. (2019). Developing Didactic Design in Triangle and Rectangular Toward Students Mathematical Creative Thinking through Visual Basic for PowerPoint. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4).

Ulger, K. 2018. The effect of problem-based learning on the creative thinking and critical thinking disposition of students in visual arts education. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 12(1) : 3–6.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4135

Article Metrics

Abstract views : 151| PDF (Bahasa Indonesia) views : 99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: