Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika terhadap Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abi, Alfonsa M. 2016. Integrasi Etnomatematika dalam Kurikulum Matematika Sekolah. JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1 (1): 1-6.
Ansari, Bansu I. 2016. Komunikasi Matematik, Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar: Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: PeNa.
D’Ambrosio, U. 1985. Ethnomathematics and Its Place in the History And Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5 (1): 44-48.
Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Iriantara, Yosep dan Syaripudin, Usep. 2013. Komunikasi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lestari, Kurnia Eka dan M. Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Karya Ilmiah dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT Refika Aditama.
Orton, Anthony. 2006. Learning Mathematics: Issues, theory and classroom practice 3rd Edition. New York: Continuum.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto. Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Ulya, Himmatul dan Rahayu, Ratri. 2017. Efektivitas Pembelajaran ProbingPrompting Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (4), 315-323.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Reakistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zaini, Ahmad dan Marsigit. 2014. Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Konvensional ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (2).
DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4739
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
In Collaboration With:
Indexed:
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dedicated to: