Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Puzzle

Richa Karlina Nofitasari
Ratri Rahayu
Jayanti Putri Purwaningrum

Abstract


This research aims to describe the improvement (1) mathematics problem solving abilities, (2) improve student learning activity, and (3) teacher teaching skill in implementing inquiry learning model assisted by segita puzzle under material perimeter and area of square, rectangle, and triangle. The methods of collecting data were test, observation, interview, and documentation. The data analysis of the research was quantitative and qualitative analysis. The findings showed improvement of the problem solving abilities average. In cycle I, it was 68, with percentage 71%, categorized well. It improved into 85 in cycle II with percentage 86%, categorized well. Student learning activity average in cycle I it was 80 with predicate sufficient. It improved into 88 with predicate well in cycle II. Teacher teaching skill in cycle I was 95, or 74%, categorized sufficient. In cycle II, it improved into 117.65, or 87%, categorized well. It is concluded that the implementation of inquiry model assisted by segita puzzle could improve mathematics problem solving abilities, student learning activity, and teacher teaching skill.

Keywords


Inquiry, Mathematics Problem Solving Abilities, Segita Puzzle

References


Amir, Zubaidah dan Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arifuddin, A., Maufur, S., dan Farida. 2018. Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1): 10-17.

Branca, N.A. 1980. “Problem Solving as A Goal, Process and Basic Skill”, Problem Solving in School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Burhanuddin. H. 2017. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik, VI (2): 305-315.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hendriana, H. dan Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Kurniadi, G., dan Purwaningrum, P. 2018. Kesalahan Siswa Pada Kategori Kemampuan Awal Matematis Rendah Dalam Penyelesaian Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JPPM, 11(2): 55-66.

Laksana, Dek Ngurah Laba. 2017. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Guru Non Sarjana Sekolah Dasar Di Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1 (1): 51-58

Muhassanah, N., Sujadi, I., dan Riyadi. 2014. Analisis Keterampila Geometri Siswa Dalam Memecahkan Maalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Teori Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1): 54-66.

Nadhifah, G., dan Afriansyah, E., A. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(1): 33-44.

Pitadjeng. 2015. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prabawati, P. E., Kristiana, D., dan Fadlillah, M. 2018. Pengaruh Puzzle Geomewa Terhadap Kemampuan Dan Minat Anak Dalam Mengenal Bentuk Geometri Pada Kelompok Usia 4-5 Tahun Di Ba’aisyiyah Ronowijayan. Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2(2): 139–147.

Prasetyo, D., A. dan Widjanarko, Dwi. 2015. Inquiry Learning Model Application To Improve Student Learning Outcomes Of Maintenance Gasoline Fuel System Components Competence. JPTM: Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2): 82-86.

Purwasih, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa MTS Di Kota Cimahi Melalui Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. DIKDAKTIK: Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, 9(1): 16-25.

Rahayu, R. 2016. Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1): 97-103.

Rahmadani N., Nurmala, dan Anugraheni, I. 2017. Improving Math Learning Activities Through Problem Based Learning Approach For 4TH Grade Students. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3): 241 -250.

Ritonga, M. S. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematik Siswa SMP Negeri 28 Medan Melalui Pembelajaran Inkuiri Dengan Strategi React. AXIOM, VI(1): 1-13.

Rostika, D., Junita, H. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR)

Sani, R. A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sefani, Lyna Latifah. 2017. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Kesiapan Belajar Terhadap Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening Siswa Kelas XI IS SMA Negeri 14 Semarang. EEAJ: Economic Education Analysis Journal, 6(1): 36-46.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudibjo, N. dan Handayani. 2017. Penerapan Pendidikan Pembelajaran Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Koneksi Matematis, Memecahkan Masalah, Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 19(2): 114-129.

Susanto, A. 2016. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Turmudi. 2009. Landasan Filsafat Dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksploratif Dan Investigatif. Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.

Yuliani, I., Kanzunnudin, M., dan Rahayu, R. 2018. Penerapan Model Creative Problem Solving Berbantuan Media Bongkar Pasang Untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1): 30-36.




DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4740

Article Metrics

Abstract views : 99| PDF (Bahasa Indonesia) views : 114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats

In Collaboration With:

 


Indexed:

      

 

Creative Commons License
Anargya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Dedicated to: